Pertolongan Pertama Jika Anda Tersedak

4 Januari 2014 Artikel Kesehatan


Tersedak atau yang biasa disebut keselek merupakan peristiwa yang sangat terkenal di Indonesia.

Siapa yang pernah merasakan keselek? Nah, tahukah Anda biasanya peristiwa ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti makan terburu-buru, makan sambil bicara, tertawa saat makan atau kaget saat menelan makanan atau minuman.

Keselek ini jangan dianggap sebagai masalah sepele karena dapat menimbulkan beberapa penyakit bahkan kematian maka dari itu jangan sepelekan kasus yang satu ini. Bahkan hampir 60 anak meninggal setiap tahunnya akibat tersedak. Kebanyakan kasus tersedak disebabkan oleh permen, kacang atau biji-bijian lainnya.

Pada balita, tersedak atau keselek merupakan timbal karena pembesaran kelenjar tonsil atau amandel. Dalam kondisi seperti itu, tubuh biasanya mengeluarkan reaksi. Misalnya, dengan mengeluarkan benda asing, seperti makanan atau minuman dari saluran pencernaan bagian atas.

Sementara pada orang dewasa, tersedak terjadi karena radang faring. Yakni, melemahnya fungsi otot dalam memindahkan makanan ke lambung akibatnya makanan bisa masuk saluran nafas dan menimbulkan infeksi paru.

Seperti yang telah dijelaskan diatas, keselek dapat menimbulkan kematian. Maka dari itu, jangan pernah sepelekan masalah yang Anda anggap kecil seperti keselek ini. Cari tahu solusi penyembuhan keselek agar Anda dapat terhindar dari bahaya yang diakibatkan keselek.

Nah, oleh karena itu, berikut adalah penanganan darurat (Manuver Heimlich) dan tidak boleh ditinggalkan saat tersedak.


Cara ini digunakan untuk mengeluarkan suatu benda dari saluran pernapasan orang yang tersedak. Anda dapat mempraktikkan metode ini bail pada diri maupun pada orang lain.

Berikut langkah-langkahnya:

  1. Berdirilah di belakang orang yang tersedak, lingkarkan kedua tangan Anda ke pinggangnya. Bungkukkan orang itu sedikit ke depan.
  2. Kepalkan salah satu tangan Anda dan taruh di bagian atas pusar korban.
  3. Pegang erat-erat kepalan Anda itu dengan tangan lain dan tekan kuat sambil mendorong cepat ke atas.
  4. Ulangi tindakan ini sampai benda yang menghambat itu keluar dari saluran udara korban.


Kemudian bila harus melakukan tindakan ini pada diri sendiri:

  1. Kepalkan salah satu tangan Anda, letakkan sedikit di atas pusar.
  2. Pegang kepalan tangan Anda itu dengan tangan yang lain lalu tekan kuat-kuat ke arah atas sampai benda itu keluar.
  3. Anda juga bisa melakukan ini dengan bantuan dari sandaran sebuah kursi, tapi cara ini kurang dianjurkan. Lebih baik Anda minta bantuan orang lain.


Semoga bermanfaat!

Oleh: Ariyanti S
(Dikutip dari berbagai sumber)