Pernah Melamun? Ini Manfaatnya...

18 Juni 2013 Artikel Kesehatan


Siapa sih yang tidak pernah melamun? Pasti semua orang pernah melamun. Tapi apakah di saat kita melakukan sesuatu hal tiba-tiba saja ada hasrat dan melamun begitu saja?Ternyata melamun disaat kita melakukan sesuatu mengindikasikan bahwa kita memiliki kemampuan otak yang baik. Itu berarti bahwa melamun memiliki dampak baik bagi kesehatan otak kita. Melamun adalah suatu kegiatan olah raga otak atau bahasa kerennya yaitu working memory. Hal ini dilakukan oleh otak bagian dalam yang memiliki fungsi menyimpan memori dan mengatur apa saja yang kita pikirkan.

Para ahli memperkirakan, porsi melamun seseorang dalam sehari bisa mencapai sepertiga sampai setengah jam sadarnya alias ketika tidak sedang tidur. Satu lamunan tidak ada yang bertahan lama, paling tidak hanya beberapa menit. Melamun sering dianggap sebagai kegiatan negatif karena memang hanya pikiran saja yang menerawang tanpa fisik bekerja. Namun rupanya secara mental pula banyak keuntungan yang bisa didapat dari kegiatan melamun. Selain membuat semangat terus kencang masih banyak hal positif lain dampak dari melamun.Ternyata orang dengan pikiran kerap mengembara (melamun) kemungkinan memiliki otak lebih tajam. Sebuah studi menunjukkan bahwa manfaat melamun membuat pikiran orang tersebut secara terus menerus terganggu dan ternyata hasilnya membuat memori kerja orang tersebut menjadi lebih banyak. Hal ini membuat mereka bisa melakukan dua hal bersamaan dalam satu waktu atau multitasking.

Psikolog dari University of Wisconsin-Madison, Daniel Levinson, mengatakan dibutuhkan lebih banyak ruang kerja mental, misalnya untuk menambahkan dua angka yang diucapkan tanpa menuliskannya. Kapasitas tersebut dihubungkan dengan pengukuran umum kecerdasan seperti membaca secara menyeluruh dan skor IQ. Studi terbaru ini menggarisbawahi betapa pentingnya memori kerja untuk membantu otak fokus dalam masalah-masalah yang paling sulit.Ini pertama kalinya sebuah penelitian menunjukkan hubungan antara pikiran yang sering mengembara alias melamun dengan kecerdasan.

Manfaat dari melamun:

a.Membuat Daya Ingat Tajam
Manfaat melamun bagi otak yaitu akan membuat daya ingat otak menjadi lebih tajam. Dibandingkan dengan orang yang jarang dan tidak suka melamun, orang yang sering melamun akan lebih mudah mengingat memory lama yang telah terjadi karena kemampuan otak sering dilatih untuk mengingatnya. Orang yang jarang melamun akan lebih mudah lupa terhadap sesuatu yang sudah terjadi terhadap dirinya. Untuk itu, dikatakan bahwa manfaat melamun untuk otak yaitu membuat daya ingat otak menjadi lebih tajam.

b.Menjadi Pribadi Kreatif
Berdasarkan suatu penelitian yang bergerak di bidang investigasi kesehatan otak yaitu oleh Levinson Daniel, melamun atau yang disebut working memory dapat membuat kita menjadi pribadi yang kreatif. Mengapa itu bisa terjadi? Karena saat kita melamun, akan menimbulkan dan memunculkan ide-ide baru yang kreatif. Untuk itulah, tidak ada salahnya jika kita melamun karena bisa melatih otak untuk menjadi lebih kreatif. Hal inilah menjadi salah satu manfaat melamun bagi otak.

c.Lebih Fokus Terhadap Sesuatu
Meskipun sering melamun, tidak akan mengurangi kefokusan seseorang terhadap segala sesuatu pekerjaannya. Dan justru orang yang sering melamun saat sedang melakukan kegiatan rutin dan ringan, akan lebih bisa fokus terhadap suatu kegiatan yang memerlukan daya konsentrasi tinggi karena otak sering olahraga karena melamun tersebut. Demikian tiga manfaat melamun bagi otak. Semoga informasi ini dapat merubah pandangan anda bahwa melamun juga memiliki segi manfaat bagi otak.

Melamun sesekali saja memang menimbulkan banyak manfaat, akan tetapi perlu diingat pula bahwa hal-hal yang anda lamunkan bukanlah hal-hal yang bersifat negatif melainkan melamunkan hal-hal yang bersifat positif dan bukan melamun yang sifatnya kosong atau benar-benar melamun. Sebagai contoh, terlalu terobsesi akan sesuatu bisa membuat seseorang mengisolasi diri dan menghabiskan waktu dengan pikirannya sendiri. Padahal mimpi pada dasarnya tak akan terwujud tanpa usaha.

(Dikutip dari berbagai sumber)