Perhatikan Tanggal Kadaluarsa Make Up!

8 Oktober 2014 Artikel Kesehatan


Tata rias wajah, atau yang biasa kita sebut make-up merupakan suatu ‘kewajiban’ bagi sebagian besar wanita agar memiliki penampilan menarik. Ada yang memakai make-up dengan alat yang seadanya, seperti bedak dan pelembab bibir, bahkan ada pemakaian make-up secara berlebihan (menor). Semua tergantung pada selera dan kebutuhan masing - masing.

Tetapi tahukan Anda bahwa produk make up memiliki tanggal kadaluarsa? Tidak hanya makanan saja yang memiliki masa kadaluarsa, produk make up pun juga. Setiap produk make up memiliki masa kadaluarsa, namun kebanyakan orang tidak memperdulikannya. Sebagian besar orang beralasan seperti tidak merasakan efek apapun, hemat pengeluaran, dan sebagainya. Padahal produk make up yang sudah kadaluarsa bisa menyebabkan kulit pecah-pecah, kemerahan, kering, iritasi infeksi, bahkan kanker kulit.

Setiap produk make up memiliki masa kadaluarsa yang berbeda-beda. Masa kadaluarsa dihitung dari tanggal pertama kali Anda membeli produk make up tersebut. Berikut ini masa kadaluarsa beberapa produk make up:

· Kosmetik berbentuk bubuk/powder, seperti bedak, eye shadow, dan blush on adalah 2 tahun

· Cream shadow antara 12-18 bulan

· Lipstik, lipgloss, dan lip liner antara 1-2 tahun

· Eyeliner antara 3 bulan - 1 tahun

· Maskara antara 3-4 bulan

Selain produk make up di atas, alat tata rias seperti brush dan spons juga harus dibersihkan secara rutin. Alat tata rias yang kotor dapat menjadi tempat bakteri - bakteri untuk berkembang. Untuk make up brush, bersihkan 1 minggu sekali dengan sabun atau deterjen. Make up spons dapat diganti baru setiap minggu atau saat spons sudah kotor.

Maka dari itu perhatikan selalu masa kadaluarsa. Tidak hanya make up dan makanan, barang konsumsi lain mempunyai masa kadaluarsa. Jangan karena ingin menghemat, tubuh Anda menjadi korban konsumsi barang expired.

Oleh: Feliciany H T
(Dikutip dari berbagai sumber)