Perhatikan Kondisi Telinga Anda!

22 November 2014 Artikel Kesehatan


Seperti yang kita ketahui, telinga adalah salah satu indra yang sangat penting bagi manusia maupun hewan. Setiap manusia dan hewan memiliki satu pasang telinga. Telinga mampu mendeteksi suara dan berperan dalam keseimbangan dan posisi tubuh.

Tahukah Anda bahwa kondisi dan bentuk anggota tubuh dapat menggambarkan kondisi kesehatan Anda? Ilmuwan di California University yakin bahwa perubahan sekecil apapun dari kondisi tubuh menunjukkan derajat kesehatan seseorang. Kondisi rambut, bibir, wajah, bahkan telinga pun dapat menjadi alat pendeteksi penyakit dalam tubuh. Jadi, selain menjadi alat pendengaran, telinga juga dapat menunjukkan kondisi tubuh.

Berikut ini ciri - ciri telinga yang menunjukkan adanya gangguan kesehatan:

♦ Kotoran telinga

Para ahli di Monell Chemical Sense Center mengungkapkan bahwa bau dan tekstur dari kotoran telinga dapat mendeteksi risiko kanker payudara. Kotoran telinga memiliki gen ABCC11 yang terkait dengan warna dan tekstur dari kotoran telinga.

Telinga berdengung

Gejala telinga yang berdengung dapat diartikan sebagai Tinnitus. Tinnitus sendiri dipersepsikan dengan adanya suara berdenging di dalam telinga atau kepala. Tinnitus dapat disebabkan oleh banyak faktor, dari yang normal, sampai kondi tersebut butuh penyembuhan secara terapi atau operasi. Bila telinga Anda sering berdengung sampai dapat mengganggu aktivitas Anda, segera periksa ke dokter.

Daun telinga melipat

Sebuah studi yang dipublish dalam British Heart Journal tahun 1989 mengungkapkan bila daun telinga menekuk dalam posisi diagonal, menandakan risiko mengalami gangguan jantung koroner. Para peniliti menduga bahwa perubahan yang terjadi pada pembuluh darah di telinga dapat meniru perubahan pembuluh darah yang berada di sekitar jantung. Kondisi ini juga dapat menandakan gejala sindrom Beckwith-Wiedermann,dimana bayi yang mengalami sindrom ini, akan mengalami pertubuhan yang berlebihan, seperti memiliki berat badan yang lebih besar dibandingkan bayi lainnya.

Daun telinga berkerut

Sebuah hasil penelitian yang dilansir di Journal Angiology mengungkapkan bahwa daun telinga yang berkerut atau keriput kemungkinan memliki masalah jantung di masa mendatang. Kerutan pada telinga dapat menjadi tanda awal penyakit jantung. Maka dari itu, bila ada tanda kerutan pada kuping Anda saat benginjak umur 40 tahun, periksalah ke dokter untuk memeriksa apakah ada gangguan jantung atau tidak.

Oleh: Feliciany H T
(Dikutip dari berbagai sumber)