Perempuan Rentan Terpengaruh Pergaulan

6 Desember 2010 Artikel Kesehatan


Perempuan yang berada di tengah-tengah para sahabatnya yang terbiasa makan sehat dan rutin berolahraga akan mudah terpengaruh oleh gaya hidup mereka, menurut sebuah studi.

Dari hasil survei terhadap 3.610 perempuan di Universitas Deakin, para peneliti menemukan bahwa perempuan lebih cenderung untuk ikut-ikutan menjalani selera makan dan aktivitas teman-teman di sekeliling mereka.

"Studi kami dilakukan dengan memantau dampak norma sosial terhadap aktivitas fisik dan perilaku makan, termasuk konsumsi makanan cepat saji, soft drink, serta buah dan sayur," kata peneliti Kylie Ball dari Deakin yang juga dimuat pada International Journal of Behavioural Nutrition and Physical Activity edisi Desember 2010. .

"Kami menemukan bahwa perempuan yang menghabiskan waktunya dengan bergaul bersama mereka yang terbiasa dengan gaya hidup sehat cenderung akan mengikuti kebiasaan tersebut," kata Ball.

Ball menambahkan, ada banyak alasan mengapa perempuan lebih mudah terpengaruh, khususnya perempuan terhadap lingkungannya. "Pentingnya norma-norma sosial berpengaruh pada gaya hidup seseorang, seperti yang dipantau dalam penelitian ini, membuka adanya cara atau strategi baru dalam memodifikasi norma-norma sosial," ujarnya.

Sumber: mediaindonesia.com