Perempuan Penyuka High Heels Rentan Cedera

11 November 2010 Artikel Kesehatan


Mengenakan sepatu berhak tinggi atau high heels bisa membuat para perempuan merasa lebih percaya diri. Namun, pastikan Anda nyaman dengan sepatu hak tinggi yang biasa digunakan. Bila tidak, Anda memiliki risiko mengalami cedera.

Hasil sebuah studi menunjukkan bahwa para perempuan yang suka menggunakan high heels lebih rentan mengalami cedera. Hal itu dibuktikan dengan munculnya ribuan kasus cedera pada perempuan yang diakibatkan sepatu hak tinggi mereka. Biasanya, cedera berupa keseleo pada pergelangan kaki atau robeknya bagian tendon yakni bagian belakang tungkai bawah kaki kita.

Ada juga yang terjatuh dengan wajah menghadap ke lantai karena tidak seimbang saat memakai sepatu sehingga gigi atau pergelangan tangan mereka pun patah. Melalui survei terhadap 3.000 perempuan berusia 18-65 yahun, ditemukan adanya kasus patahnya pergelangan kaki dan lutut.

Meski begitu, sebanyak enam dari sepuluh perempuan mengaku mereka akan tetap mengenakan high heels. Lisa McCarten, ahli sepatu dari Hotter Shoes, mengatakan, "Memang diakui, kita para perempuan memang lebih cenderung memakai sepatu yang terlihat bagus ketimbang sepatu yang terasa nyaman dipakai."

Sumber: mediaindonesia.com
Tags