Penyebab Terjadinya Keriput pada Mata dan Solusinya

19 April 2014 Artikel Kesehatan


Mata adalah jendela hati, karena kadang-kadang isi hati dapat terbaca dari tatapan mata. Tidak hanya itu, bahkan mata dapat mencerminkan kesehatan organ dalam. Mata kanan mencerminkan fungsi hati sedangkan mata kiri mencerminkan fungsi limpa. Kesehatan dan keindahan mata tidak hanya dilihat dari bola mata saja, tetapi tercermin juga dari daerah sekitar mata yaitu garis mata, kelopak mata, bawah mata, dan samping mata dekat pelipis. Kulit area mata adalah bagian wajah yang mempunyai kulit paling tipis, sehingga karena sebab tertentu membuat kulit sekitar mata mudah berkerut.

Lingkaran hitam, kantung mata, garis mata yang pucat atau terlalu merah menandakan bahwa tubuh mengalami kelelahan. Keriput pada kelopak mata biasanya muncul pada usia di atas 30 tahun, tetapi kadang-kadang usia di bawah 30 tahun juga bisa muncul keriput karena adanya faktor yang mempercepat terjadinya keriput sehingga kadang-kadang seseorang tampak lebih tua dari usia sebenarnya.

Berikut ini penyebab terjadinya keriput mata:
1.Karena faktor genetik atau keturunan. Bila orang tua mempunyai gen kulit mata berkeriput, biasanya anaknya juga memiliki gen tersebut.

2.Gaya hidup tidak sehat seperti kelelahan, kurang tidur, stres, dan merokok. Orang yang memiliki kebiasaan merokok akan lebih cepat muncul kerutan di ujung mata.

3.Kebiasaan sehari-hari yang tidak disadari, misalnya ekspresi wajah ketika tertawa, marah, sedih, senang, sering mengerutkan dahi, menyipitkan mata, dan posisi ketika tidur.

4.Radiasi sinar matahari dan komputer. Terlalu lama bekerja di bawah sinar matahari di siang hari membuat kulit tipis di sekitar mata rusak dan kering, sedangkan terlalu lama bekerja didepan komputer atau di depan televisi menyebabkan mata lelah dan kaku.

5.Usia semakin tua. Ketika usia seseorang semakin bertambah, jumlah minyak yang dihasilkan semakin sedikit, sehingga kulit sekitar mata menjadi rapuh, kering, dan tidak elastis.

Supaya kulit di sekitar mata tidak mudah keriput maka kulit wajah harus diusahakan tetap kencang. Beberapa tips menyegarkan dan mengencangkan wajah antara lain mengusahakan supaya tubuh jangan sampai terlalu lelah, cukup istirahat dan tidur, tidak merokok, memakai masker buah misalnya strawberi. Strawberi dapat dimanfaatkan untuk mengurangi kerutan kulit sekaligus sebagai tonik bagi kulit. Buah yang mengandung asam salisilat ini mampu mengencangkan wajah dan meremajakannya.

Cara lain supaya wajah tetap segar adalah dengan meluangkan sedikit waktu untuk memberi pijatan lembut pada wajah, menggosok wajah dengan semangat seakan-akan sedang cuci muka. Tidak kalah penting yaitu rajin olahraga, minum air putih minimal 2 liter setiap hari, dan mengkonsumsi vitamin C.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)