Penyebab Penyakit yang Kronis Bisa dari Sini..

11 April 2013 Artikel Kesehatan


Rasa sakit yang muncul di bagian tubuh yang sudah biasa memang sering kita abaikan. Sebaiknya anda harus berhati-hati karena munculnya rasa sakit pada bagian tubuh yang seringkali nyeri bisa jadi adalah gejala awal penyakit serius mengintai anda.

Sakit yang terjadi pada merupakan "alarm" bagi tubuh kita. Dengan merasakan sakit, tubuh memberikan sinyal kepada otak melalui syaraf kalau ada tubuh mengalami gangguan. Gangguan tersebut bermacam-macam bisa saja kepala seperti ditarik-tarik, nyeri di salah satu bagian tubuh, rasa tidak enak di sekujur tubuh dan gangguan lainnya.

Sekarang sebaiknya Anda mulai berhati-hati, karena beberapa rasa sakit yang kerap terjadi di tubuh bisa jadi adalah gejala awal dari penyakit mematikan seperti:

  1. Sakit Perut
    Sakit perut juga tidak bisa dianggap remeh. Di dalam perut terdapat organ-organ penting seperti lambung, kandung empedu, usus, liver, dan lainnya. Jika Anda mengalami sakit perut di sebelah kiri mungkin saja lambung Anda yang bermasalah. Namun, jika sakit tersebut sering muncul di perut sebelah kanan, bisa jadi liver dan kandung empedu yang mengalami gangguan. Segera periksakan diri ke dokter jika Anda mengalami gejala tersebut.
  2. Nyeri di Bagian Betis
    Salah satu bahaya yang umumnya kurang disadari adalah Deep Vein Thrombosis (DVT), yaitu darah beku yang terdapat di pembuluh darah betis, jika pembekuan darah tersebut terlepas dan terbawa menuju paru-paru, maka bisa berujung pada kematian.
  3. Rasa Sakit Samar atau Tidak Terdeteksi Secara Medis
    Penyakit ini biasanya diderita oleh orang yang sering depresi. Umumnya penderita depresi akan mengalami rasa sakit di beberapa bagian tubuhnya, penderita depresi biasanya menderita sakit kepala yang samar-samar, juga sakit perut, atau anggota tubuh lainnya. Kadang kombinasi rasa sakit muncul di beberapa bagian tubuh. Rasa sakitnya kronis tetapi tidak parah, maka umumnya diabaikan. Makin tinggi depresi Anda makin sulit pula Anda menggambarkan rasa sakit tersebut. Rasa sakit itu walaupun tidak parah perlu ditangani sebelum menyebabkan perubahan-perubahan struktural di otak
  4. Sakit Kepala
    Sebaiknya tidak menganggap remeh sakit kepala. Jika Anda sedang mengalami demam bersamaan dengan sakit kepala, bisa jadi ini adalah sakit kepala sinus. Tidak hanya itu, sakit kepala yang tiba-tiba bisa juga menyebabkan mengalami gejala perdarahan otak atau tumor otak jika sakit kepala tersebut berlangsung lama dan semakin parah.
  5. Rasa Tidak Nyaman pada Dada
    Rasa tidak nyaman atau nyeri di dada sering dikaitkan dengan gejala pneumonia (inflamasi paru-paru) atau bisa juga gejala penyakit jantung. Ketidaknyamanan yang berhubungan dengan penyakit jantung biasanya dirasakan di dada bagian kiri atas, menjalar hingga ke bahu kiri, lengan, dan bahkan disertai mual.Tanda-tanda ketidaknyamanan pada wanita biasanya lebih halus dan tidak terasa. Gejala penyakit jantung dapat juga berupa ketidaknyaman di perut. Biasanya terjadi saat tubuh dalam kondisi lelah, dan banyak orang yang menganggapnya sebagai sakit perut biasa
  6. Nyeri Punggung Bagian Bawah
    Nyeri punggung bagian bawah kerap dihubungkan dengan penyakit arthritis. Namun bisa juga menjadi tanda awal serangan jantung dan gangguan kesehatan di perut. Salah satu bahayanya adalah diseksi aorta (pecahnya pembuluh darah aorta). Ini dapat terjadi jika orang tersebut memiliki riwayat tekanan darah tinggi, diabetes, dan kebiasaan merokok.
  7. Rasa Terbakar di Kaki
    Beberapa pasien diabetes tidak menyadari bahwa dirinya mengidap penyakit tersebut sebelum mengalami beberapa gejala seperti Peripheral neuropathy. Peripheral neuropathy adalah salah satu gejala awal diabetes. Peripheral neuropathy biasanya ditandai dengan rasa sakit seperti terbakar dan ditusuk jarum pada bagian kaki dan tungkai. Gejala tersebut akan muncul jika terjadi kerusakan saraf.


(Dikutip dari berbagai sumber)