Penyakit Mematikan Intai Si Kurang Tidur

6 Desember 2017 Artikel Kesehatan


Kurang tidur sebenarnya merupakan masalah yang sangat serius karena selain berbahaya bagi kesehatan juga berdampak kepada aktifitas kita sehari-hari, akan tetapi kebanyakan orang kadang mengabaikannya karena menganggapnya suatu yang biasa. Masalah kurang tidur biasanya dialami oleh orang yang mengalami tekanan psikis yang disebabkan karena masalah yang dialaminya, selain itu masalah kurang tidur juga disebabkan karena kebiasaan yang buruk seperti membiasakan diri begadang tiap malam hanya untuk bermain game, menonoton TV, dan ngobrol dengan teman.

Jika Anda termasuk dalam kelompok orang yang kurang tidur, maka mulai sekarang harus merubah kebiasaan buruk tersebut. Idealnya manusia membutuhkan 7 hingga 8 jam untuk beristirahat. Nah jika Anda kurang tidur dalam jangka panjang, maka penyakit berat mengintai Anda.

Berikut masalah kesehatan yang dapat terjadi jika kurang tidur:
1. Penyakit Jantung

Penyakit yang satu ini merupakan penyakit yang cukup mematikan dan dapat menimpa siapa saja bahkan untuk orang yang relatif muda, dan yang paling mengejutkan bahwa salah satu pemicu penyakit jantung adalah kurangnya porsi tidur yang cukup, setidaknya kita membutuhkan waktu tidur 7sampai 8jam perhari untuk menurunkan resiko penyakit jantung.

2. Diabetes
Studi yang diterbitkan dalam jurnal diabetes tahun 2011, peneliti dari University of Chicago dan Northwestern University menemukan bahwa ketika penderita diabetes tipe 2 tidak memiliki jam tidur yang mencukupi di malam hari, akan meningkatkan kadar glukosa dalam darah hingga 9 persen. Selain itu, kurang tidur juga dapat meningkatkan kadar insulin hingga 30 persen dan meningkatkan resistensi insulin pada penderita diabetes tipe 2 hingga 43 persen.

3. Masalah pada Kandung Kemih
American Urological Association tahun 2011, para peneliti dari New England Research Institute menyatakan bahwa kurangnya jam tidur di malam hari meningkatkan risiko masalah pada kesehatan kandung kemihnya. Penelitian tersebut dilakukan terhadap 4.145 pria dan wanita dewasa dan peneliti menemukan bahwa orang yang memiliki jam tidur kurang dari 5 jam setiap malamnya dan yang telah terjadi selama 5 tahun meningkatkan risiko nokturia hingga 80 sampai 90 persen.

4. Kanker
Dalam sebuah studi terhadap 1.240 orang pada tahun oleh para peneliti dari Case Western University, menemukan bahwa orang yang tidurnya kurang dari 6 jam di malam hari berisiko menderita polip kolorektal yang dapat menjadi kanker hingga 47 persen dibanding orang yang memiliki jam tidur yang cukup.

5. Kematian
Sebuah studi yang dilakukan selama 10 tahun terhadap 16.000 orang oleh para peneliti di Copenhagen University menghubungkan antara kurang tidur dengan peningkatan risiko kematian. Ternyata orang-orang di bawah usia 45 tahun yang tidak memiliki jam tidur yang cukup setiap malamnya memiliki risiko kematian dua kali lipat dibandingkan orang yang memiliki jam tidur yang cukup. Hal ini terjadi karena banyaknya efek buruk kurangnya jam tidur malam terhadap kesehatan seseorang.

Nah, itulah masalah kesehatan yang disebabkan oleh kurang tidur. Jika Anda termasuk orang yang suka begadang, sebaiknya Anda tidak melakukannya lagi atau Anda menginginkan penyakit diatas menyerang tubuh Anda.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)