Penyakit Ini Bisa Sembuh dengan Olahraga Lho...

15 Mei 2013 Artikel Kesehatan


Saat kita merasa tubuh terasa tidak seperti biasanya, tidak jarang kita mengonsumsi obat. Ya, obat memang membuat sesuatu yang lain ditubuh kita seperti rasa sakit bisa hilang. Jika pengobatan secara alami memang bermanfaat namun bagaimana dengan penggunaan obat secara berkala? Tentu memiliki efek samping yang berujung pada gangguan kesehatan.

Sebagian orang umumnya berpikir pasti akan sembuh jika mengonsumsi obat-obatan. Tapi siapa sangka dengan berolahraga, kita juga bisa sembuh dari beberapa penyakit. Selain menyembuhkan, olahraga juga terbukti bermanfaat dan manjur untuk kebugaran.

Ingin tahu penyakit apa saja yg bisa memulihkan tubuh anda dari penyakit? Berikut penyakit yang bisa sembuh dengan berolahraga saja.

1.Nyeri Punggung

Duduk seharian di depan komputer terutama membuat para pekerja kantoran mengalami nyeri punggung dan pegal-pegal. Tidak perlu mahal-mahal pergi ke panti pijat atau ikut terapi pengobatan yang banyak efek sampingnya, cukup dengan olahraga maka keluhan akan berkurang karena dengan berolahraga, nyeri pada punggung akan berkurang 30 sampai 80 persen jika dilakukan secara teratur selama 10-12 pekan.

2.Mudah lapar

Kebiasaan ngemil di siang dan sore hari muncul tidak selalu karena benar-benar lapar, kadang hanya merasa lapar. Rasa lapar yang tidak benar-benar karena lapar adalah pengaruh kerja otak. Hal ini yang bisa dimanipulasi dengan olahraga yaitu cukup bangkit dari tempat duduk dan berjalan 15 menit maka rasa lapar akan terlupakan.

3. Perasaan selalu gelisah

Gelisah mungkin bisa dikatakan sifat namun jika terus menerus mengalami hal seperti ini, maka gelisah bisa disebut penyakit. Gelisah terkadang membuat hidup kita selalu was-was dan dikejar - kejar oleh sesuatu yang abstrak. Biasanya untuk mengurangi gelisah sebagian besar orang menggunakan obat penenang sebagai pilihan utama padahal jika dikonsumsi secara berkala maka akan memiliki efek samping yang berbahaya bagi kesehatan. Rasa gelisah bisa anda obati dengan olahraga kardio seperti senam dan lari. Hal ini bisa memicu pelepasan hormon penenang seperti serotonin, norepinefrin dan GABA.

4. Rentan Ngantuk

Jika anda merasa ngantuk, apa solusi untuk menghindari hal ini? Banyak orang beralih ke "si hitam" atau lebih dikenal dengan kopi. Memang sudah bukan rahasia umum lagi jika "si hitam" ini menjadi pilihan sebagian besar orang dari jaman dahulu. Namun jika terlalu banyak mengonsumsi kopi juga memiliki efek yang negatif bagi tubuh kita, Untuk itu, anda bisa berolahraga seperti mengerakan badan selama 20 menit dalam sehari dapat mengurangi rasa ngantuk anda.

5. Mudah sakit karena daya tahan tubuh lemah

Secara tidak disadari, berolahraga juga bisa membangkitkan sel-sel imun kita agar menyebar melalui sistem peredaran darah untuk membasmi virus dan bakteri. Cobalah olahraga kardio sebanyak 5 kali dalam seminggu bisa mengurangi risiko sakit karena infeksi apapun hingga 43 persen. Selain itu juga dapat menangkal demam.

(Dikutip dari berbagai sumber)