Pentingnya Mengetahui Bahaya Klorin pada Pembalut

26 April 2019 Artikel Kesehatan


Satu lagi kabar yang mengejutkan dan harus diwaspadai oleh para wanita. Baru-baru ini YLKI atau Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia melansir penemuan terbaru mereka tentang pembalut wanita. YLKI mengungkapkan bahwa beberapa produk pembalut wanita mengandung zat pemutih atau klorin yang berbahaya untuk kesehatan. Para peneliti YLKI telah mengambil sampel dari 9 pembalut dan 7 pantyliner bermerek cukup ternama di Indonesia. Hasilnya cukup mengejutkan, zat klroin sangat berbahaya jika terus menerus bersentuhan dengan tubuh manusia terutama sistem reproduksi.

Pembalut berklorin dapat menimbulkan racun dioxin saat bersinggungan dengan suhu tubuh. Racun ini bisa masuk ke tubuh dan menyebabkan berbagai penyakit hingga kanker, berikut ini dampak racun dioxin untuk tubuh.

*. Pertumbuhan jaringan abnormal pada organ perut dan reproduksi
*. Pertumbuhan sel abnormal di seluruh tubuh
*. Menghambat fungsi sistem kekebalan tubuh
*. Gangguan sistem endorkin dan hormonal

Jika pembalut menyebabkan gatal-gatal, kemerahan, hingga iritasi, maka sebaiknya hentikan penggunaannya. Pilih pembalut yang aman dan jangan sampai menggunakan pembalut yang sama. Disarankan lebih sadar dan cermat memilih pembalut. Hanya Anda yang peduli dengan kesehatan diri Anda sendiri.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)