Pentingnya Mengenali Penyakit Asma dan Bahayanya

21 Juli 2016 Artikel Kesehatan


Anda pernah mendengar tentang penyakit asma? Asma adalah sebuah penyakit yang menyerang pada organ pernafasan. Awal mula gangguan asma belum diketahui hingga sekarang dan berbagai ahli kesehatan terus melakukan penelitian. Namun asma dapat muncul ketika ada peradangan yang menyerang saluran pernafasan dan meningkatkan produksi lendir yang berada pada saluran.

Jika hal ini terjadi, maka saluran pernafasan akan menyempit dan membuat penderitanya kesulitan untuk bernafas. Gangguan umum yang paling sering terjadi pada asma biasanya ditandai dengan nafas yang yang berbunyi, sesak nafas, nyeri pada bagian dada, dan batuk kecil hingga batuk parah. Tapi pada dasarnya penderita asma bisa memiliki gejala yang berbeda-beda tergantung dari penyebab dan tahap asma. Biasanya penderita akan mengalami gangguan ringan kemudian menjadi lebih berat bila tidak diobati.

Penyebab terjadinya asma biasanya dikarenakan:

  1. Bawaan atau keturunan. Biasanya penyakit ini tidak akan menular melainkan melalui keturunan.
  2. Suhu udara yang dingin. Asma dapat kambuh jika suhu udara menjadi dingin seperti saat cuaca hujan dan penggunaan AC yang terlalu dingin
  3. Faktor lingkungan. Penyakit asma ini juga dapat kambuh pada lingkungan yang kurang bersih seperti banyaknya debu, asap dan kotor. Untuk itu bagi Anda, jagalah kesehatan dan jagalah kebersihan lingkungan untuk menjaga pola hidup yang sehat dan bersih.
  4. Makanan. Penyakit asma juga memiliki pantangan dalam makanan seperti kacang-kacangan, coklat, serta minuman yang dingin. Jauhilah makanan ini karena makanan ini mengandung pengawet yang tinggi dan MSG sehingga dapat membuat asma menjadi kambuh.


Tetapi Anda jangan khawatir ada dua cara yang dapat menghilangkan asma yaitu sediakan minyak jintan hitam secukupnya, lalu oleskan ke bagian dada dan punggung Anda. Dan cara kedua, Anda juga dapat campurkan satu sendok teh minyak jintan hitam ke dalam air yang mendidih. Caranya Anda hanya menghirupkan uapnya saja. Lakukanlah cara ini dengan rutin sampai sembuh. Semoga bermanfaat bagi Anda.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)