Pentingnya Mendeteksi Kesehatan Mata Anak

27 Oktober 2017 Artikel Kesehatan


Banyak anak yang terancam memiliki gangguan penglihatan. Deteksi dini sangat penting agar dapat memperbaikinya sebelum terlambat. Mata anak-anak memiliki jadwal pertumbuhannya sendiri sehingga bila sudah mencapai tahap tertentu maka gangguan mata menjadi sulit dikoreksi. Selain pemeriksaan oleh dokter anak atau dokter mata, para orang tua berperan penting untuk mendeteksi kelainan mata pada anak mereka.

Seberapa pentingkah memeriksakan kesehatan mata anak? Bagi sebagian keluarga akan menganggap hal tersebut hal yang penting akan tetapi ada juga yang berpendapat memeriksakan kesehatan mata anak adalah sesuai kebutuhan. Penting atau tidak penting bukanlah hal yang mesti diperdebatkan, namun kesehatan adalah sesuatu hal yang perlu diprioritaskan sebelum kesehatan akan menguras energi bahkan materi kita.

Beberapa yang perlu diperhatikan sebagai berikut:
1. Perlunya pemeriksaan mata

Mata adalah hal yang sangat penting bagi anak-anak. Karena di sekolah penglihatan mata merupakan faktor yang dibutuhkan anak dalam membantu kelancaran proses belajar. Penglihatan yang baik tanpa ada gangguan akan memudahkan anak terutama ketika harus membaca di papan tulis ataupun menulis materi yang disampaikan melalui media papan tulis dan proyektor seperti infocus. Dengan adanya pemeriksaan mata sebelum anak masuk sekolah maka kita akan mengetahui dengan detil kekurangan anak. Pendeteksian yang lebih cepat maka dengan mudah kita akan bisa membantu anak agar anak tetap normal bisa melihat. Selain itu kita akan bisa memberikan pengobatan lebih dini sehingga tidak ada kata terlambat, mengingat perkembangan anak yang masih terus berlanjut.

2. Kemana harus memeriksakan mata?
Dimanakah tempat yang bisa kita jadikan rujukan dalam memeriksakan kesehatan anak? Beberapa tempat yang bisa gunakan yaitu dokter spesialis mata, puskesmas ataupun di tempat sekolah anak (jika ada fasilitas). Akan tetapi untuk hasil maksimal apabila diperiksakan ke ahli mata seperti dokter spesialis mata.

3. Bagaimana jika ada gangguan mata
Apabila anak ternyata memiliki gangguan mata maka kita bisa minta saran dokter dan memberikan pengobatan secara intensif. Untuk membantu penyembuhan maka kita bisa memberikan nutrisi yang bergizi mengingat anak masih bisa berkembang lagi.

4. Pengobatan gangguan mata
Untuk gangguan mata dikarenakan refraksi mata yang lemah, biasanya anak akan diberikan alat bantu seperti kacamata ataupun kontak lensa. Untuk pengobatan mata minus parah bisa diobati dengan operasi lasik. Selain itu teknik bekam juga bisa digunakan untuk membantu meningkatkan ketajaman mata anak.

Mengenali gangguan mata anak hendaknya segera dilakukan sejak anak usia dini. Tujuannya adalah agar anak tidak terganggu karena anak belum paham akan kekurangannya. Pemeriksaan kesehatan mata memang lebih afdol jika dilakukan ketika anak masih kecil bila dibandingkan ketika pemeriksaan kesehatan mata dilakukan ketika sudah dewasa.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)