Pengobatan Sederhana untuk Sakit Gigi

25 Januari 2014 Artikel Kesehatan


Sakit gigi terjadi ketika ada peradangan pada bagian inti gigi yang paling sensitif. Penyebabnya bisa beragam, mulai dari infeksi mulut, infeksi gigi, hingga infeksi pada gusi. Sakit gigi biasanya di sebabkan oleh:

Tidak menjaga kebersihan mulut adalah penyebab kenapa bakteri berkumpul dan memicu rasa sakit pada gigi. Jadi jangan malas membersihkan mulut terutama setelah Anda makan.

Minum air putih adalah cara kedua mengatasi sakit gigi. Dengan rajin minum air, bakteri tidak akan berlama-lama tersangkut di mulut dan menyebabkan sakit gigi.

Meskipun Anda rajin menggosok gigi, namun cara yang salah bisa menyebabkan gigi menjadi sakit. Jadi gosok gigi Anda dengan benar demi kebersihan mulut secara maksimal.

Tak dipungkiri lagi, kala sakit gigi mendera, jalan terbaik adalah dengan mengunjungi dokter gigi. Tetapi bagaimana jika sakit gigi mendera pada jam-jam tidak biasa ketika dokter sedang tidak ada? Misalnya di tengah malam atau pada saat liburan. Tentu Anda membutuhkan pertolongan pertama yang dapat dilakukan di rumah.

Berikut pengobatan yang dapat dilakukan ketika gigi terasa sakit:

1. Menempelkan bawang putih

Meski terdengar mustahil, menggunakan satu siung bawang putih adalah cara paling cepat untuk menyembuhkan sakit gigi. Caranya cukup dengan meletakkan bawah putih pada daerah gigi yang sakit. Mengunyah bawang putih secara rutin juga membantu memperkuat gigi.

2. Mengoleskan minyak cengkeh

Oleskan satu atau dua tetes minyak cengkeh pada gigi yang sakit dengan menggunakan kapas. Cara ini dapat meredakan sakit pada gigi sekaligus mengurangi kemungkinan terjadinya infeksi. Penyebabnya karena minyak cengkeh memiliki sifat antiseptik.

3. Berkumur dengan air garam

Salah satu cara untuk menyembuhkan sakit gigi ialah dengan mencampurkan sesendok garam pada satu gelas air hangat suam-suam kuku. Campuran tersebut kemudian digunakan untuk berkumur sesekali.

4. Menggunakan baking soda

Cara lain untuk menyembuhkan sakit gigi adalah dengan menggunakan baking soda. Yang harus dilakukan adalah membasahi kapas dengan sedikit air, lantas melumuri kapas dengan baking soda dan mengaplikasikannya pada gigi yang sakit

5. Berkumur dengan cairan kumur

Cairan kumur yang mengandung alkohol juga dapat membabaskan Anda dari rasa sakit. Jika Anda tidak memilikinya di rumah, Anda bisa berkumur dengan wiski, vodka, atau bahkan brendi.

6. Menghindari minuman bersoda

Minum minuman bersoda menyebabkan lapisan gigi terkikis. Sebaiknya minuman bersoda dihindari agar gigi tidak mudah rusak dan sakit. Jika Anda tetap sulit meninggalkan minuman semacam itu, gunakan sedotan untuk meminumnya. Dengan menggunakan sedotan, kontak langsung antara soda dengan gigi dapat diminimalisasi.

Apabila cara diatas tidak cukup manjur dan Anda butuh cara yang lebih cepat untuk menyembuhkan sakit gigi, Anda bisa mencoba cara berikut ini.

1. Menempelkan irisan lemon

Menempelkan irisan lemon adalah cara terbaik lain untuk mengobati sakit gigi. Iris lemon, tempelkan pada gigi yang ngilu, dan biarkan agar air lemon masuk ke sela-sela gigi yang sakit.

2. Es batu

Es batu adalah penyembuh ampuh saat gigi terasa sakit. Letakkan sebongkah es batu pada handuk, kemudian tempatkan handuk pada sekitar pipi atau dagu, di tempat yang paling dekat dengan gigi yang sakit. Lakukan selama lima belas menit.

3. Menggunakan kantung teh celup

Tanin pada daun teh dapat melumpuhkan rasa sakit gigi. Obati gigi yang sakit dengan menggunakan kantung teh celup yang masih hangat. Letakkan kantung tersebut di dalam mulut. Hati-hati, jangan sampai kantung itu koyak karena tergigit.

4. Menggunakan irisan mentimun

Iris sebuah mentimun, ambil satu buah irisan kecil, kemudian tempatkan pada area yang sakit. Cara ini dapat meredakan rasa sakit.

5. Mengunyah peppermint

Mengunyah daun peppermint segar ternyata juga dapat meredakan rasa sakit gigi. Selain itu napas akan terasa lebih segar.

Tidak mungkin Anda terus-terusan didera sakit gigi? Cara terbaik ialah dengan berhati-hati dalam merawat gigi dan gusi. Agar gigi dan gusi tetap sehat, jangan lupa untuk menyikat gigi dua kali sehari sehingga partikel makanan tidak menumpuk pada gigi. Jangan memakan makanan yang terlalu panas atau dingin karena suhu itu bisa saja terlalu ekstrem untuk ditahan gigi.

Meski pengobatan rumahan cukup ampuh, jangan bergantung padanya dalam waktu yang lama. Jika sakit gigi terus berlanjut, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter gigi secepatnya. Dokter tahu cara terbaik dan cara tercepat untuk menyembuhkan sakit gigi Anda.

Oleh: Iman S
(Dikutip dari berbagai sumber)