Pengering Tangan Bikin Kuman Makin Nyaman

16 November 2010 Artikel Kesehatan


Ketika berada di toilet umum, apa yang Anda gunakan setelah mencuci tangan, handuk atau pengering tangan? Untuk mencapai hasil terbersih, sebaiknya Anda memilih handuk karena pengering tangan justru akan mendorong kuman terdesak ke bawah kulit.

Kesimpulan itu didapat dari studi terbaru yang menunjukkan bahwa menggosokkan kedua telapak tangan dengan handuk akan kertas tisu merupakan cara terbaik agar kita bisa terbebas dari kuman sekeluarnya dari kamar mandi.

Sebenarnya, dengan cara apa pun, tangan Anda tak akan bisa bersih optimal kecuali bila kedua tangan benar-benar kering. Itu karena kuman suka bersarang di air. Air merupakan sarana medium bagi kuman untuk berkembang biak dan menyebar. Maka itulah, diketahui bahwa membersihkan tangan dengan kertas tisu atau handuk lebih mampu membuat tangan lebih kering ketimbang alat pengering tangan. Sementara itu, menggosok-gosokkan tangan di bawah angin malah akan membuat kuman masuk ke bagian kulit kita yang lebih dalam.

Namun, apabila Anda termasuk pecinta lingkungan yang enggan memakai kertas tisu. Anda bisa saya menggunakan metode pengering tangan, tapi ingat jangan gosok-gosokkan tangan ketika berada di bawah alat tersebut. Arahkan saja tangan Anda ke atas mesin pengering dan biarkan tangan kering dengan sendirinya selama 30 detik. Memang sebaiknya lebih dari 30 detik hingga tangan benar-benar kering dan tak ada kuman yang tertinggal. Bila tak kering juga, jangan menggosokkan tangan ke baju atau celana jins karena justru akan membuat tangan kotor kembali.

Sumber: mediaindonesia.com