Artikel Kesehatan
12 Oktober 2009

Pendidikan dan Kesehatan

SUDAH banyak penelitian yang menemukan kaitan antara tingkat pendidikan dan kondisi kesehatan seseorang. Menurut para pakar, mereka yang memiliki pendidikan bagus tentu saja juga bisa stres. Namun, mereka mempunyai sumber daya yang lebih banyak untuk mengatasi itu. Orang yang berpendidikan juga cenderung lebih memahami dunia pengobatan modern.

Baru-baru ini sebuah laporan yang dipublikasikan komisi yang dipimpin David R Williams, profesor kesehatan publik di Harvard School of Public Health, AS, menemukan bahwa orang dewasa yang tidak menamatkan pendidikan SMA, 2,5 kali lebih berpeluang memiliki kondisi kesehatan yang buruk daripada dengan lulusan perguruan tinggi.

Laporan itu juga mengungkapkan faktor-faktor di luar sistem pengobatan turut berperan penting dalam menentukan kondisi kesehatan seseorang.

Akses ke layanan kesehatan memang penting, tetapi para peneliti mengatakan itu saja tidak cukup. Yang dibutuhkan, kata mereka, ialah fokus yang lebih besar kepada sekolah dan pendidikan serta promosi hidup sehat di rumah, masyarakat, dan tempat kerja. (EP/HealthDay News//X-5)

Artikel Kesehatan Lainnya...

Direktori Sekolah Info Beasiswa Solusi Pendidikan Promo Tahukah Kamu? Hiburan Tutorial Lowongan Iklan Baris