Penata Rambut Berisiko Mengidap Infeksi Hidung

18 Oktober 2010 Artikel Kesehatan


Para peneliti telah memberikan peringatan bahwa penata rambut rentan mengidap infeksi hidung karena terlalu sering menghirup aroma rambut berbagai macam orang.

Contohnya saja Edwina Phillipson, 51. Ia mengisahkan karena telah menghirup jutaan rambut para pelanggannya selama 35 tahun berkarier, fragmen-fragmen kecil yang berasal rambut mereka pun bersarang di hidungnya dan akhirnya menyebabkan infeksi yang mengakibatkan adanya lubang pada bagian septumnya. Adapun septum adalah dinding yang memisahkan rongga hidung kiri dan kanan.

Pada dua minggu lalu, ia pun menjalani operasi di Rumah Sakit Freeman di Newcastle untuk memperbaiki luka terbuka pada septum. Kini, ia pun mesti selalu menggunakan masker ketika bekerja agar hidungnya terlindungi. Ibu dari tiga anak yang menjalani bisnis salonnya di Newbiggin, Northumberland, ini menyarankan para pekerja industri salon untuk melindungi diri sendiri.

Kepada Evening Chronicle, ia mengutarakan, "Saya rasa ini mesti sangat diperhatikan, bila diabaikan, kita tak tahu risiko apa yang akan menimpa kita, sama seperti halnya dengan seorang perokok."

Phillipson mengatakan hidungnya mulai bermasalah sejak 12 tahun lalu. Saat itu, ia kerap merasa gatal pada hidungnya setelah menghirup rambut para pelanggan di salonnya, tapi karena terlalu sering digaruk, hidungnya pun terluka sehingga mudah terinfeksi.

Sumber: mediaindonesia.com