Pemberian Vaksin di Sore Hari Lebih Efektif

2 Desember 2011 Artikel Kesehatan


Sore hari diklaim menjadi waktu terbaik untuk melakukan vaksinasi pada anak. Selain respon kekebalan tubuh terhadap vaksin lebih baik, anak-anak juga tidur lebih nyenyak setelah vaksinasi.

Tidur yang berkualitas sangat penting pasca vaksin karena hal itu akan memfasilitasi respon imun dan meningkatkan produksi antibodi.

"Bayi yang divaksin di sore hari tidur lebih lama dan nyenyak dibanding dengan bayi yang divaksin di siang hari, atau pada pagi hari," kata Dr.Kim Giuliano, dokter anak dari Cleveland Clinic, yang tidak terlibat dalam penelitian ini.

Penelitian yang dilakukan peneliti dari Universitas California, San Francisco, melibatkan 70 bayi. Para peneliti menemukan bayi yang mendapat vaksin setelah jam 1.30 siang tidur lebih lama dibanding bayi yang divaksin lebih awal.

Kebanyakan bayi yang mendapat suntikan vaksin di siang hari mengalami peningkatan suhu tubuh. Demam ringan yang diatasi dengan pemberian obat penurun panas (asetaminofen) ini menyebabkan waktu tidur bayi berkurang.

Menurut Giuliano, orangtua sebaiknya tidak membiasakan memberi asetaminofen pada anak setelah divaksin untuk mencegah demam.

Sumber: health.kompas.com