Pegal? Konsumsi Makanan Ini!

31 Juli 2018 Artikel Kesehatan


Pegal merupakan masalah kesehatan yang sering banyak orang alami. Ketika badan sedang terasa pegal atau nyeri, Anda menjadi merasa kesal. Untuk meredakannya, maka Anda pun cenderung mengonsumsi makanan yang kaya gula dan lemak untuk membuat Anda menjadi merasa lebih baik. Namun ternyata, makanan ini justru akan semakin membuat tubuh Anda terasa pegal.

Pengobatan lain, minimal mengoleskan minyak atau salep dengan tujuan mengurangi rasa nyeri. Nyeri otot dan pegal linu ini biasanya disebabkan ketegangan yang terjadi pada otot. Hal itu menyebabkan cedera pada otot atau tendon. Dengan aktivitas harian yang padat, kadang kita juga tidak sengaja melakukan kerja, gerakan, atau posisi yang menyebabkan otot tertarik atau terlalu capek.

Alhasil tubuh pegal-pegal dan merasa sakit. Tidur yang cukup salah satu cara untuk mengatasi problem ini, tapi terkadang hasilnya tidak maksimal. Nah, berikut adalah makanan yang mampu mengurangi pegal-pegal.

Kayu manis
Sebagian besar penelitian menunjukkan bahwa kayu manis dapat mengurangi peradangan, melawan bakteri, serta membantu menjaga kadar gula darah Anda.

Jahe
Jahe mengandung sifat anti inflamasi yang dapat melawan rasa sakit dan meningkatkan kekebalan tubuh seseorang.

Bawang putih
Bawang putih adalah salah satu tanaman herbal yang selain kaya akan kandungan anti oksidan serta anti inflamasi, juga mampu menenangkan otot-otot yang sakit.

Kacang kenari
Kacang kenari adalah salah satu jenis kacang-kacangan yang mengandung sifat anti inflamasi dan asam lemak omega 3 yang melawan rasa sakit serta meningkatkan kekebalan tubuh.

Kunyit
Mengonsumsi kunyit ketika tubuh Anda sedang pegal dapat bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit.

Nanas
Mengonsumsi nanas dapat digunakan untuk mengobati cedera otot seperti keseleo dan nyeri.

Tubuh yang pegal ternyata dapat diobati dengan mengonsumsi makanan sehat di atas.

Semoga bermanfaat!

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)