Panduan Praktis Belanja Makanan Sehat

26 Agustus 2010 Artikel Kesehatan


Apabila Anda tengah menjalani program penurunan berat badan, ini saatnya untuk berbelanja banyak makanan segar dan bergizi.

Namun, saat berbelanja di supermarket, jangan malah melirik atau beralih ke rak makanan camilan, tetap fokus untuk membeli makanan sehat dan segar dengan segera mendatangi bagian atau rak daging, sayur, dan susu segar. Berikut beberapa tips berbelanja makanan sehat:

1. Sayur dan buah
Penuhi kereta belanja Anda dengan berbagai macam sayuran segar kaya serat seperti bayam, timun jepang, brokoli, tomat, wortel, dan paprika. Jangan lupa buah segar seperti apel, jeruk, mangga, delima, melon, dan beri.

2. Produk susu
Banyak produk untuk dipilih pada bagian rak produk susu. Seperti telur dan keju rendah lemak yang kaya akan protein. Masukkan juga susu rendah atau bebas lemak ke kereta belanja Anda untuk asupan harian. Atau, bisa juga diganti dengan yoghurt rendah lemak dan susu kedelai yang tak mengandung pemanis buatan.

3. Daging
Fokuskan perhatian Anda pada potongan daging sapi dan unggas pada bagian terderloin dan pinggang bagian atas. Ikan dan kerang juga merupakan pilihan yang baik karena disarankan untuk memakan ikan empat kali seminggu.

4. Makanan beku
Rak makanan beku menawarkan Anda berbagai produk makanan yang dapat dimasak cepat. Carilah yang mengandung kurang dari 6 gram lemak per 2-3 porsi. Jika memiliki gigi sensitif, pilih produk yang tanpa tambahan gula.

5. Lainnya
Bagian rak lain yang boleh dilirik yakni rak kacang-kacangan, tapi pilih yang bukan dipanggang ataupun diberi pemanis tambahan seperti madu. Selain itu, Anda boleh mengambil tuna kalengan, agar-agar bebas gula, cocktail kalengan, soda bebas gula, dan jenis minuman lain yang juga tanpa gula. Anda bisa juga mencomot roti dan biskuit gandum, beras merah, dan sereal gandum. (Pri/OL-06)

Sumber: mediaindonesia.com