Operasi Amandel Tidak Selalu Diperlukan

30 September 2009 Artikel Kesehatan


Salah satu infeksi pada daerah mulut yang sering terjadi pada anak-anak adalah tonsilitis atau yang sering disebut dengan pembengkakan amandel. Dan untuk mengatasinya, sering dilakukan tonsilektomi (operasi pengangkatan amandel).

Tapi penelitian yang terbaru di British Medical Journal, mengatakan bahwa operasi pengangkatan amandel tidak lebih baik daripada hanya melakukan pengawasan saja, tanpa operasi, pada anak dengan infeksi tenggorakan sedang atau masalah gangguan nafas ringan yang disebabkan oleh karena pembesaran amandel atau kelenjar adenoid.

Dari 150 anak yang menjalani operasi tonsilektomi, enam minggu pertama terjadi pengurangan demam dan infeksi dengan gejala ringan, dibandingkan dengan 150 anak lainnya yang tidak melakukan tonsilektomi. Tapi setelah 18 bulan kemudian, tidak ada perbedaan bermakna antara kelompok anak yang menjalani tonsilektomi dengan kelompok anak yang tidak menjalani tonsilektomi.

Di Amerika Serikat, pasien yang melakukan tonsilektomi telah menurun dalam 3 dekade terakhir. Dari 1 juta orang pertahun di tahun 1970, kini menjadi 250.000 orang pertahun.

Walaupun anak tidak melakukan tonsilektomi, sebaiknya orangtua tetap berkonsultasi dengan dokter untuk mendapat obat. Biasanya anak akan diberikan obat penghilang nyeri (analgesik) atau obat anti peradangan bila anak mengalami nyeri dan demam. Orangtua juga harus mengawasi anak untuk mencegah terjadi infeksi yang lebih berat dan gejala penyumbatan saluran nafas.

Pada beberapa keadaan, diperlukan operasi juga. Seperti pada kasus anak dengan henti nafas sejenak pada saat tidur. Kelenjar tonsil dan adenoid yang begitu membesar sehingga akan mengganggu anak saat tidur. Gejalanya, anak tidur dengan mendengkur yang keras dan sering terbangun pada saat tidurnya.

Selain itu, dapat juga dilihat dari frekuensi dan beratnya infeksi. Misalnya infeksi yang terjadi 6 kali dalam satu tahun saja atau 3-4 tahun setiap tahunnya selama setidaknya tiga tahun.

Sumber: Info-Sehat.Com