Olahraga yang Asyik Dilakukan Bersama Anak

8 Maret 2015 Artikel Kesehatan


Olahraga adalah kegiatan yang dipercayai oleh kebanyakan orang sebagai salah satu cara menjadi sehat. Tidak hanya orangtua yang membutuhkan olahraga agar tetap sehat dan bugar, tapi anak-anak pun sebaiknya dibiasakan untuk berolahraga sejak dini. Olahraga ini memiliki kegunaan yang besar dalam masa pertumbuhan anak. Anak akan menjadi lebih termotivasi untuk terbuka dengan melakukan kegiatan olahraga karena ini melatih kemampuan motoriknya dan juga sebagai ajang pelampiasan energi.

Namun, tidak semua olahraga itu aman untuk dilakukan oleh anak-anak. Selain itu ada baiknya jika bisa melakukan olahraga yang bisa dilakukan bersama dengan Anda sebagai orang tua. Selain untuk mendekatkan diri Anda dengan buah hati, bisa juga untuk mengawasi anak dalam berolahraga.

Berikut olahraga sederhana yang bisa dilakukan bersama anak:
1. Jogging atau jalan kaki

Olahraga jogging / jalan kaki biasanya dilakukan pada pagi hari. Dengan melakukan jogging yang terbilang olahraga sederhana ini bisa untuk melatih tubuh, membiasakan diri menghirup udara segar untuk sirkulasi paru-paru dan jantung. Selain itu badan dan kaki bisa berkoordinasi hingga berkeringat dan berstamina. Anda bisa mengajak anak Anda untuk berjalan kaki setiap pagi cukup dengan mengelilingi kompleks perumahan setiap akhir pekan.

2. Lari
Sama halnya dengan jogging, lari adalah olahraga yang bagus dilakukan pada sore hari atau pagi hari. Kadang anak-anak lebih suka berlarian dari pada jalan kaki. Anda bisa mencoba untuk melakukan olahraga lari bersama anak Anda sekedar mengelilingi daerah perumahan. Fungsi lari sama dengan jogging / jalan kaki yaitu melatih tubuh, membantu sirkulasi udara di paru-paru dan jantung serta mengoptimalkan dalam menghasilkan keringat dan stamina.

3. Badminton
Badminton atau bulutangkis sudah terkenal di negara kita sebagai olahraga nasional. Olahraga satu ini pun terbilang murah dan sederhana karena semua orang mulai dari anak kecil hingga orang tua bisa memainkannya hanya dengan bermodalkan raket dan shuttle kock, selain memang mudah dimainkan. Berolahraga badminton tidak harus memiliki skill yang tinggi dan tidak memerlukan tempat khusus, bisa dilakukan di halaman rumah, di garasi rumah, di lapangan kompleks perumahan, dan sebagainya. Badminton sangat baik dalam melatih koordinasi fisik, mata dan kaki, dan mampu mengurangi kontak fisik serta yang paling penting aman dilakukan oleh anak-anak dan gampang mengawasinya.

4. Berenang
Berenang adalah salah satu pilihan yang bagus untuk melatih fisik karena hampir seluruh anggota tubuh bergerak ikut berolahraga. Selain itu, anak-anak pun lebih senang bermain-main dengan air. Olahraga satu ini juga bisa digunakan untuk membantu anak dalam bertahan hidup dengan kemampuan berenang, bertahan di dalam air. Orang tua sebaiknya senantiasa mendampingi ketika anak sedang melakukan rutinitas berenang.

5. Balet atau Dance
Anda bisa mencoba melakukan olahraga satu ini di rumah dengan menonton video bersama dengan anak Anda kemudian menjajal untuk mempraktekannya. Olahraga seperti balet atau dance ini bagus untuk melatih koordinasi gerak dengan musik serta merenggangkan dan melenturkan tubuh. Terlebih jika ini dilakukan pada pagi hari, Anda dan anak Anda akan mendapatkan tambahan manfaat yaitu membantu dalam sirkulasi udara di paru-paru dan jantung secara berkesinambungan.

Olahraga di atas bisa Anda coba bersama keluarga. Supaya tidak bosan, lakukan olahraga yang bervariasi. Semoga bermanfaat.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)