Olahraga Sesuai Mood Lebih Efektif

14 Januari 2011 Artikel Kesehatan


Perasaan sedih, kesal, atau stres bisa merusak hari Anda. Jadwal untuk berolahraga pun terancam batal. Ketimbang mengorbankan jadwal olahraga Anda, lebih baik pilih tipe olahraga yang tepat untuk mengakomodir moodAnda itu. Studi mengatakan bahwa olahraga yang tepat bisa lebih berguna ketimbang obat untuk mengatasi depresi. Tak perlu terlalu lama, 10 menit berolahraga saja sudah bisa mendorong energi dan mood Anda. Berikut saran Stacey Rosenfeld, PhD, psikolog klinis dan pelatih kebugaran bersertifikasi mengenai efek olahraga berbeda bagi moodyang sedang buruk.

Merasa stres berat
Selama ini, yoga dan olahraga yang menyangkut meditasi lain dipercaya bisa menenangkan pikiran. Tetapi jika Anda sedang tak ingin menahan pose dalam waktu lama dan lebih ingin berolahraga kardio dengan intensitas lebih tinggi, disarankan untuk memilih olahraga renang. Air bisa membantu kita menenangkan diri. Belum lagi, dengan renang, tubuh jadi lebih lelah dan membantu kita untuk tertidur, yang merupakan hal penting untuk menanggulangi stres. Untuk membantu menghindari pikiran negatif, hindari dan buat pikiran Anda terdiam dengan interval ketat. Cobalah kerahkan segala tenaga Anda dengan berenang ke ujung kolam, lalu kembali lagi dengan kecepatan yang dikurangi.

Merasa sedih
Satu hal yang bisa membantu seseorang yang sedang merasa sedih adalah dengan beraktivitas. Kesedihan adalah kondisi ketika kita sedang tidak terstimulasi. Jadi, saat sedih bukan waktu ideal untuk mendorong fisik Anda bekerja lebih keras. Dengarkan tubuh Anda dan targetkan diri untuk melakukan sesuatu ketimbang tidak melakukan apa pun. Bahkan 10 menit berjalan kaki saja sudah bisa membantu mendorong endorphin di dalam otak. Disarankan pula untuk mencari tempat jalan kaki yang bisa memberi Anda stimulasi lain, seperti pemandangan indah.

Merasa marah
Sudah merupakan naluri tersendiri saat Anda merasa marah, Anda ingin melakukan kegiatan yang agresif supaya bisa mengeluarkan emosi itu. Lalu, mengapa tidak memanfaatkan tenaga ekstra itu lewat olahraga yang membakar kalori? Salah satu pilihan yang bisa Anda lakukan adalah kelas kick boxing, alternatif lain yang baik adalah latihan kekuatan seperti angkat beban. Kombinasi memaksa fisik bergerak sambil memfokuskan diri pada olahraga membakar emosi dengan cara yang produktif, membuat Anda bisa berpikir lebih jernih usainya.

Merasa kesepian
Olahraga dalam kelas atau klub jalan kaki bersama bisa jadi pilihan. Carilah jadwal acara gerak jalan bersama. Yang paling dekat, acara gerak jalan bersama majalah Prevention, majalah Sekar, dan Kompas.com di hari Minggu, 30 Januari 2011 di Jl. MH Thamrin. Sambil berjalan kaki bersama, Anda bisa mengajak orang di sebelah Anda berbincang. Tidak berbincang pun tak masalah, berolahraga di sisi orang lain bisa membantu Anda merasa lebih nyaman tanpa merasa ditinggalkan, begitu hasil penelitian yang pernah dilangsungkan di Inggris.

Selain saat merasa buruk, olahraga saat sedang senang pun juga bisa menghasilkan banyak manfaat. Saat sedang bahagia, Anda bisa pilih kelas melompat menggunakan trampolin kecil. Atau, cara lain, seperti kelas Jukari yang menggunakan tali untuk membantu membuat tubuh lebih tegak. Atau ikut kelas tari yang membutuhkan kepercayaan diri. Saat senang Anda kan sedang percaya diri, nah, manfaatkan keadaan itu untuk aktivitas yang lebih produktif, seperti membakar kalori lebih banyak.

Sumber: kompas.com