Olahraga Pagi atau Olahraga Malam, Pilih Mana?

26 Mei 2016 Artikel Kesehatan


Beberapa orang pasti lebih memilih untuk melakukan aktivitas olahraga di pagi hari. Hal ini karena Anda akan merasakan udara segar serta sinar matahari yang menyehatkan. Namun, apa daya kesibukan kini menjadi alasan utama para pekerja kebanyakan untuk melakukan olahraga di pagi hari. Alhasil, olahraga malam dianggap lebih fleksibel dan bisa dilakukan setelah pulang bekerja.

Namun, apakah manfaat dan bedanya bagi orang yang melakukan olahraga pagi dan orang yang berolahraga di malam hari? Simak ulasannya berikut ini!

Olahraga Pagi

Penelitian yang dilakukan oleh beberapa ilmuwan dari Appalachian State University mengungkapkan bahwa olahraga pagi merupakan hal yang baik untuk mendapatkan tidur yang nyenyak di malam hari. Dr. Collier selaku peneliti Appalachian State University mengatakan bahwa semakin baik kualitas tidur Anda, maka semakin baik pula kondisi kesehatan Anda karena tidur yang berkualitas membantu menjaga kesehatan jantung, melancarkan peredaran darah, menurunkan tekanan darah, kadar stres, dan menjaga berat badan.

Olahraga Malam

Bagi Anda yang suka berolahraga malam dikarenakan beberapa hal seperti kesibukan di pagi hari yang tak bisa dihindari, tenang saja, Anda juga tetap mendapat manfaat kesehatan yang baik.Hal ini dibuktikan dalam sebuah penemuan yang diterbitkan oleh Chronobiology Internasional di mana penelitian tersebut menganalisis jam internal biologis tubuh terhadap aktivitas olahraga.

Penelitian tersebut menunjukkan bahwa temperatur tubuh Anda akan meningkat setelah olahraga, begitu juga dengan aktivitas enzim dan fungsi otot. Hal ini menunjukan bahwa Anda meningkatkan metabolisme lebih baik dan membangun otot lebih baik saat olahraga sore atau malam. Tak hanya itu, olahraga setelah pulang kerja juga membuat Anda lebih berenergi dan jadi alternatif melepas lelah dan stres yang baik sebelum pergi tidur.

Bukan hanya membuat Anda lebih berenergi, olahraga yang dilakukan di sore hari juga memperkecil kemungkinan kram atau cedera karena tubuh sudah beraktivitas selama seharian, lain halnya dengan olahraga pagi hari di mana sebelumnya tubuh tidak digunakan untuk bergerak selama tidur.

Lalu, manakah yang baik? Keduanya tetap baik dilakukan. Olahraga pagi maupun olahraga malam juga sama-sama memiliki manfaat tersendiri. Kini kembali lagi ke diri masing-masing dan yang pasti, rutinlah berolahraga karena olahraga merupakan kegiatan yang positif dan merupakan salah satu cara agar tubuh tetap bugar dan terhindar dari penyakit.

Oleh: Faqih F

(Dikutip dari berbagai sumber)