Olahraga Ini Bisa Buat Anda Panjang Umur Loh...

25 September 2013 Artikel Kesehatan


Untuk mendapatkan tubuh yang sehat, biasanya orang disarankan untuk berolahraga. Olahraga merupakan kegiatan fisik untuk melatih tubuh. Dengan berolahraga, sejumlah anggota tubuh akan bergerak dan mengeluarkan keringat.

Selain bikin tubuh Anda sehat, berolahraga juga bisa membuat wajah jadi cantik, menghilangkan stres, meningkatkan fungsi otak, meningkatkan daya tahan tubuh, meningkatkan kapasitas otak, dan lain sebagainya.

Lalu, tahukah Anda bahwa olahraga juga bisa memperpanjang umur seseorang? Bagi Anda yang masih ingin bertahan hidup hingga tua nanti disarankan untuk rajin berolaharaga. Ada beberapa olahraga yang bisa dilakukan agar Anda panjang umur. Berikut 5 jenis olahraga yang bisa bikin Anda panjang umur:

1. Bersepeda

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa bersepeda dengan cepat memiliki kesempatan hidup lima tahun lebih lama. Anda bisa mengubah pola hidup sehat dengan menggoes sepeda setiap pagi saat hendak ke kantor. Cara lain, Anda bisa meluangkan waktu setiap pagi atau sore untuk bersepeda selama beberapa jam.

2. Jalan kaki

Anda terbiasa jalan kaki setiap hari? Beruntunglah karena selain bikin sehat, jalan kaki juga bisa memperpanjang umur Anda. Bila perlu, luangkan waktu setiap hari untuk jalan kaki pada pagi sebelum berangkat ke kantor. Dengan begitu, Anda akan merasa lebih bersemangat sepanjang hari.

3. Berenang

Berenang meruapakan salah satu olahraga yang mengasyikan, terlebih bagi yang menyukai olahraga di air ini. Dengan berenang, sejumlah anggota tubuh dan ototnya akan bergerak yang bikin Anda menjadi lebih sehat. Selain itu, ternyata berenang juga bisa bikin umur seseorang lebih panjang. Sebab penelitian menyatakan kalau berenang secara rutin mampu menurunkan risiko kesempatan meninggal sebesar 50 persen. Bukan cuma itu, jika dibandingkan dengan orang-orang yang memilih berlari dan jalan kaki sebagai olahraga mereka, perenang juga memiliki angka mati muda yang relatif rendah.

4. Jalan cepat

Jalan cepat ternyata juga mampu bikin seseorang panjang umur. Hal tersebut dibuktikan pada penelitian yang dilakukan pada tahun 2011. Anda bisa berjalan cepat di satu permukaan yang rata atau treadmill.

5. Naik turun tangga

Aktivitas sepele yang mungkin biasa Anda lakukan di rumah ini ternyata bisa bikin panjang umur. Naik turun tangga bisa menurunkan risiko mati muda sebesar 15%. Jika malas berolahraga ke luar rumah, maka Anda bisa melakukan olahraga ini saja.

Itulah 5 olahraga yang bikin Anda umur panjang. Tak ada ruginya berolahraga asalkan Anda melakukannya tak berlebihan dan disesuaikan dengan umur. Mulai saat ini, luangkanlah waktu setiap hari atau tiga hari dalam seminggu untuk berolahraga selama 1 jam. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan tubuh dan jiwa yang sehat.

Semoga Bermanfaat!

(Dikutip dari berbagai sumber)