Olahraga Ibu Hamil Pompa Citra Diri

9 Desember 2009 Artikel Kesehatan


Sembilan bulan merupakan istirahat panjang bagi Anda yang sedang hamil, apakah begitu saja ? Tunggu dulu, sepertinya Anda harus melakukan kegiatan bermanfaat bagi kesehatan janin Anda. Menurut, Frances Crites, MD, spesialis dokter kandungan, Presbyterian Hospital, Dallas, olahraga merupakan aktivitas yang dapat meningkatkan kesehatan jantung, menambah energi, dan memompa citra diri.

Mempertahankan tubuh yang sehat dapat menghilangkan keluhan ibu hamil, seperti halnya nyeri di punggung bagian bawah. Olahraga juga memungkinkan pelancaran di dalam melahirkan. Bila dokter mengizinkan Anda, boleh melakukan aktivitas olahraga, coba lakukan olahraga ringan selama 30 menit atau lebih, selama 3-4 hari dalam seminggu. Di bawah ini, rekomendasi Media Hidup Sehat untuk 4 kegiatan olahraga atas persetujuan dokter.

Berjalan
Walaupun Anda jarang berolahraga, jalan cepat disekitar rumah Anda merupakan awal yang tepat. Dalam perkembangannya Anda akan merasakan manfaat dari olahraga kardiovaskular, tanpa mengalami adanya tekanan lutut dan pergelangan kaki. Selama sembilan bulan, Anda dapat melakukannya di permukaan yang mulus. Gunakanlah sneakers yang mendukung, bila kaki Anda membengkak, dan sepatu mulai sempit mulai ganti sepatu baru yang berukuran lebih besar.

Berenang
Olahraga ini merupakan, jenis olahraga yang ideal bagi wanita hamil selama sembilan bulan. Olahraga renang memberi kebebasan bagi Anda untuk bergerak tanpa tekanan pada sendi-sendi. Hati-hati saat masuk ke dalam air. Sebaiknya jangan menyelam atau melompat, karena perut akan mengalami tekanan. Hindari kolam air hangat, steam room, hot tub, dan sauna, karena bisa menimbulkan panas berlebihan.

Yoga
Kelas prenatal yoga, akan membantu Anda dalam menjaga kelenturan sendi-sendi dan mempertahankan fleksibilitas. Selain itu, yoga dapat memperkuat sistem otot, merangsang peredaran darah, dan membuat Anda rileks. Anda bisa menerapkan teknik yang sudah Anda pelajari agar tetap tenang selama proses melahirkan. Anda harus memperhatikan usia kandungan, dengan abaikan posisi-posisi yoga yang mengganggu keseimbangan tubuh Anda.

Latihan Beban
Angkat beban adalah cara yang baik untuk menyiapkan tubuh Anda, dalam mengangkat beban berat kelak setelah bayi Anda lahir. Latihan ini juga mengurangi risiko cidera selama kehamilan dengan menguatkan otot-otot di sekeliling sendi. Kurangi beban yang biasa Anda angkat hingga setengahnya. Tapi, tingkatkan frekuensinya agar Anda dapat menjaga porsi olahraga yang baik. Angkat beban yang terlalu berat bisa mengakibatkan otot menjadi tegang, dan tekanan yang berlebihan bisa membahayakan perut. (OL-08)

sumber: mediaindonesia.com/mediahidupsehat