Ogah Terkena Kanker Usus? Makan Apel Saja Tiap Hari

1 April 2010 Artikel Kesehatan


Kanker merupakan salah satu penyakit mematikan yang mengancam nyawa. Salah satunya, kanker yang menyerang organ pencernaan termasuk kanker usus. Kini para peneliti mengungkap, konsumsi apel setiap hari diyakini mampu mengurangi resiko kanker usus. Demikian laporan singkat yang dipublikasikan European Journal of Cancer Prevention, seperti dilansir dailymail.co.uk, baru-baru ini.

Sebelumnya, peneliti di Polandia membandingkan antara 592 pasien dengan penyakit kanker usus dengan 765 pasien tanpa kanker usus dari rumah sakit yang sama. Hasilnya, peneliti menemukan pasien dengan kanker usus hanya mengkonsumsi apple 9.5 perminggu sedangkan pasien yang tidak mengidap kanker usus mengkonsumsi apel dengan jumlah lebih banyak yakni 11 buah perminggu.

Dari analisa peneliti diketahui, mengkonsumsi apel sehari satu, atau mengkonsumsi setengah buah setiap harinya juga mengurangi resiko terkena kanker usus. Analisa peneliti juga menyebutkan ketimbang mengkonsumsi buah atau sayuran, apel jauh lebih direkomendasikan untuk mengurangi resiko kanker.

Rekomendasi itu didasarkan atas tingginya kandungan flavonoids dari Apel. Flavanoid merupakan antioksidan yang ditemukan dalam kulit apel. Seperti diketahui, anti oksidan merupakan zat yang melindungi tubuh dari radikal bebas yang berpotensi memicu pertumbuhan sel kanker.

Oleh karenanya, peneliti menyarankan agar tidak membuang kulit apel ketika dikonsumsi. Untuk menghindari segala kuman atau kotoran pada kulit apel, sebelum dikonsumsi sebaiknya dibersihkan dan dibilas dengan air.

Sekalipun apel mampu mengurangi resiko terkena kanker usus, World Cancer Research Fund menyatakan semua resiko kanker dapat dihindari sekitar 30-40 dengan cara menjalankan gaya hidup sehat seperti mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran, rajin berolah raga dan memperhatikan berat tubuh. (cr2)

sumber: republika.co.id