Obat Migrain Bentuk Spray Lebih Efektif

23 Desember 2010 Artikel Kesehatan


Para penderita migrain atau sakit kepala sebagian kini ditawarkan solusi baru dengan obat semprot atau spray. Obat bentuk baru ini ditengarai efektif mengobati migrain kurang dari 2 jam.

Obat berbentuk pipa ini akan menyemprotkan bubuk yang lebih efektif mengatasi nyeri migrain jika dibandingkan dengan obat biasa karena tubuh Anda tak perlu lama untuk mencernanya. Salah satu kelemahan pengobatan konvensional migrain yang selama ini dikeluhkan yakni lamanya waktu penterapan obat untuk segera mengatasi nyeri kepala.

Dari hasil percobaan terhadap obat jenis baru tersebut, terlihat bahwa obat bubuk mampu mencapai aliran darah hanya dalam waktu beberapa menit. Terlebih, enam dari 10 pasien yang mencoba pengobatan ini segera reda dari nyeri migrain hanya dalam waktu kurang dari 2 jam.

Obat ini menggunakan zat triptan, yakni zat yang biasa digunakan dalam bentuk pil untuk mengatasi migrain. Dalam bentuk bubuk, obat ini akan disemprotkan lewat lubang hidung dan ujung alat yang satunya lagi diletakkan di mulut.

Ketika dihisap dari mulut, bubuk nantinya akan mencapai hidung dan segera masuk ke pembuluh darah yang terletak di bagian dalam hidung. Dari sana, obat dibawa ke syaraf trigeminal yang akan menghantarkannya ke otak. Obat ini nenatinya akan membantu dengan menghalangi dinyal rasa sakit di otak.

Alat ini telah kini dikembangkan oleh OptiNose. Menurut Andrew Dowson, ketua dewan Aksi Migrain mengatakan, "Ini merupakan teknologi obat yang brilian. Selain lebih efektif dan cepat, efek sampingnya pun sangat sedikit."

Sumber: mediaindonesia.com