Obat Asma Bantu Atasi Alzheimer

31 Maret 2011 Artikel Kesehatan


Satu jenis obat asma, diketahui, memiliki manfaat menjanjikan dalam menghambat pembentukan peptida otak (senyawa), dikenal sebagai beta amiloid, yang menyebabkan penyakit alzheimer.

Dalam studi sebelumnya, peneliti di Temple University menemukan bahwa 5-lipoxygenase yaitu enzim di otak yang mengontrol aktivasi secretase gamma, enzim lain yang bertanggung jawab untuk produksi beta amiloid.

Bila diproduksi secara berlebihan, beta amiloid menyebabkan sel syaraf mati dan memicu pembentukan plak di otak. Jumlah plak amiloid di otak digunakan sebagai tolok ukur tingkat keparahan alzheimer, menurut American Journal of Pathology edisi Maret 2011.

Penelitian ini dipimpin Domenico Pratico, profesor farmakologi di Temple School of Medicine. Tim peneliti menguji obat zileuton, yang digunakan dalam pengobatan asma, melalui tikus percobaan terhadap penyakit alzheimer.

Pada akhir penelitian, ditemukan bahwa obat ini mampu menghalangi 5-lipoxygenase sehingga mengurangi produksi beta amiloid dan membangun plak amiloid di otak lebih dari 50 persen.

"Obat ini sudah beredar di pasaran dan yang paling penting sudah disetujui oleh FDA (Badan Pengawas makanan dan Obat-obatan AS)," kata Pratico. "Menurut rencana, kami akan memulai percobaan klinis untuk menentukan apakah ada aplikasi baru untuk obat ini," tambahnya.

Sumber: mediaindonesia.com