Obat Alami untuk Mengatasi Penyakit Maag

22 April 2013 Artikel Kesehatan


Penyakit maag atau juga yang biasa dikenal dengan nama Gastritis merupakan suatu keadaan kesehatan dimana terjadi pembengkakan, peradangan atau iritasi pada lapisan lambung. Penyakit ini biasanya menyerang tiba-tiba dan berlangsung singkat, namun ada saatnya juga merupakan bagian penyakit yang serius dan berlangsung cukup lama. Asam didalam lambung diperlukan untuk membantu mengolah dan mencerna makanan yang kita makan. Tetapi apabila produksi asam di lambung terlalu berlebih maka akan menyebabkan penyakit maag. Penyakit maag dapat disebabkan pola hidup kita tidak sehat dan tidak teratur seperti makan tidak teratur, makanan yang terlalu pedas dan berminyak, merokok, minuman kopi atau alkohol, bahkan stres menjadi salah satu faktor penyebab maag.

Penyakit maag banyak diderita oleh orang yang memiliki kesibukan tinggi, sehingga pola hidup dan makannya tidak teratur. Penyakit maag dapat diketahui dari ciri-cirinya yaitu perut terasa kembung, mual hingga muntah, nyeri hulu hati, sering bersendawa, cepat merasa kenyang dan lapar.

Ada beberapa bahan alami/herbal yang dapat digunakan untuk menyembuhkan penyakit maag. Selain mendapatkan bahan yang alami juga terbebas dari bahan kimia yang dapat menambah munculnya penyakit baru yang disebabkan oleh penggunaan bahan kimia.

Berikut beberapa obat alami untuk sakit maag:
1. Kacang hijau
Kandungan dalam kacang ijo bisa membuat lapisan lambung tebal dan mengurangi kadar asam dalam labung berkurang, yang biasanya penyakit maag di akibatkan terlalu banyaknya kandungan asam dalam lambung.
Penggunaan: Bersihkan kacang hijau, keringkan dengan cara dijemur, sangrai kacang hijau hingga matang lalu tumbuk hingga halus. Ambil satu sendok makan bubuk kacang hijau dan campurkan dengan air hangat, minum tiga kali sehari.

2. Lidah buaya
Kandungan aloin, aloin-emodin, resin, tanin dan polisakarida pada lidah buaya baik untuk mengobati sakit maag. Zat aktif lain diidentifikasi sebagai Aloctin A dan Aloctin B. Aloctin A menghambat sekresi asam lambung dan pepsin jika diberikan secara intra vena pada tikus. Kandungan yang berkhasiat lain adalah Aloin dan Antrakinon yang dapat meningkatkan produksi prostaglandin. Selain itu, lidah buaya mempunyai khasiat anti inflamasi. Gel lidah buaya mengandung bradykinase, yaitu suatu enzim pemecah sumber inflamasi, bradykinin.
Penggunaan: Kupas kulit lidah buaya dan bersihkan hingga lendirnya berkurang. Rebus hingga matang. Sajikan dengan menambahkan madu untuk mengurangi rasa pahitnya atau dapat juga dijadikan jus dengan menambahkan madu.

3. Pisang raja
Pada pisang raja terkandung zat-zat yang bersifat anti tukak peptik, kandungan pektin yang tinggi dalam pisang dapat melindungi selaput lendir lambung terhadap pengaruh asam lambung.
Pengggunaan: pilih pisang yang sudah tua dan belum matang, keringkan pisang dengan cara kupas kulit pisang. potong kecil-kecil seperti keripik dengan cara dijemur (jangan langsung dibawah matahari, cukup diangin-anginkan saja), setelah kering jadikan bubuk dapat di tumbuk atau blender. Ambil dua sendok bubuk pisang, campur dengan madu, konsumsi dua kali sehari pagi dan malam.

4. Kunyit
Termasuk obat alami yang paling dikenal masyarakat untuk mengobati penyakit maag. Kurkumin dan kurkuminoid (bahan aktif dari kunyit) serta minyak atsiri terbukti memiliki efek antioksidan, antibakteri, antiradang, dan antikanker sehingga baik dikonsumsi sebagai obat maag dan untuk kesehatan lainnya.
Penggunaan: Ambil 2 ruas kunyit, kupas, bersihkan dan parut kunyit, tambahkan air matang dan peras untuk mengambil sarinya. Minum dua kali sehari, pagi sebelum makan dan malam sebelum tidur.

5. Susu kambing
Minum 200 ml susu kambing dengan rutin atau saat maag menyerang. Susu kambing bersifat basa sehingga mampu menetralisir asam lambung yang berlebih.

Penyakit maag dapat dicegah dengan pola hidup hidup teratur dan makanan yang sehat dan hindari stress.

(Dikutip dari berbagai sumber)