Nyeri Leher Saat Beraktivitas? Gunakan Cara Sederhana Berikut..

31 Oktober 2012 Artikel Kesehatan


Salah satu yang membuat kita terganggu saat kita melakukan aktivitas rutin adalah nyeri pada leher terutama bagi yang bekerja dan belajar. Nyeri pada leher disebabkan berbagai macam faktor seperti posisi tidur yang salah , postur tubuh saat duduk yang kurang baik, stress dan leher yang memang lagi terkilir. Untuk menghindari nyeri leher saat kita melakukan aktivitas sebaiknya kita menggunakan latihan penguatan otot leher bukan melakukan peregangan.

Untuk latihan penguatan otot leher tidaklah rumit. Hal ini dilakukan untuk mengembalikan kekuatan pada bahu dan leher.

Berikut ada beberapa cara sederhana yang dapat dicoba supaya anda tidak terganggu lagi dengan nyeri pada leher.

1. Gerakan leher anda dengan gerakan melingkar

Ketika anda sedang beraktivitas merasa nyeri pada leher, coba anda gerakan leher anda dengan cara menjatuhkan dagu ke dada kemudian putarlah leher anda ke kiri, ke belakang, ke kanan dan turun lagi dalam gerakan melingkar. Lakukan gerakan ini setiap 1 jam sekali dan kembali lagi melakukangerakan melingkar dengan arah yang berlawanan serta ulangi sampai 5 kali.

2. Nyeri leher datang ketika anda bekerja, tekan dahi anda dengan telapak tangan

Otot leher tegang juga disebabkan oleh stress yang menyebabkan kaku pada leher dalam jangka yang lama. Untuk itu anda dapat mengurangi ketegangan dan memperkuat otot leher dan bahu dengan latihan yang sederhana ini.

Cobalah anda duduk di kursi dengan tidak bersandar kemudian tempatkan siku anda di meja. Setelah itu pusatkan kepala dibahu dan tekan dahi ke telapak tangan selama 3-5 detik . untuk menahan kepala anda, gunakan telapak tangan. Lakukan cara ini sampai 5 kali.

Sesudah melakukan cara tadi, langkah selanjutnya adalah tetap diposisi pertama yaitu

Duduk tegap dan tidak bersandar, lalu tempatkan tangan anda dibelakang kepala anda dengan posisi siku tangan berada di samping. Tekan kepala anda kearah telapak tangan anda yang dibelakang tadi sehingga telapak tangan anda menahan kepala anda. Tahan selama 3-5 detik. Ulangi dari 3 kali sampai 5 kali.

3. Latihan ringan untuk menguatkan bahu

Satu lagi latihan ringan yang dapat anda lakukan di tempat kerja untuk mengurangi nyeri leher. Tempatkan telapak tangan anda di tepi kursi dan tekan ke dalam tangan anda hingga pinggul dan bokong terangkat sekitar satu atau dua inchi ke udara. Tahan selama 5 detik, turunkan dan ulangi sebanyak 5 kali untuk menguatkan otot bahu.

4. Mengkompres leher

Isi 3/4 bagian kaus kaki bersih yang sudah tidak terpakai dengan nasi putih, 2 batang kayu manis, dan 1 sendok makan cengkeh. Ikat erat dengan karet gelang dan panaskan dalam microwave selama 2 menit.
Gantungkan melingkar di leher bagian belakang atau tengkuk Anda sebagai obat aromatherapeutic yang dapat menenangkan bahu dan leher yang sakit. Anda dapat menggunakannya berulang-ulang, sampai aromanya menghilang.

5. Lakukan latihan leher ketika anda sedang bekerja setiap 45 menit sekali

Ketika anda sedang membaca atau mengerjakan sesuatu didepan komputer cenderung memajukan kepalanya sehingga membuat tekanan pada leher anda, menjadi kaku dan menyebabkan neyri pada leher.
Untuk menghindari hal itu, lakukan latihan untuk menjaga dagu tetap lurus dan kepala ditarik kebelakang dan tahan selama 5 detik.

6. Pilih bantal yang nyaman ketika anda hendak istirahat

Memilih bantal yang tetap adalah salah faktor yang penting untuk kesehatan leher karena jika bantal anda tidak nyaman maka anda akan mengalami "salah tidur" dan akan dirasakan hingga bekerja nanti.

(Dikutip dari berbagai sumber)