Nutrisi Penambah Sel Darah Merah untuk Anemia

20 Maret 2015 Artikel Kesehatan


Anda merasakan tubuh lemas, letih, lesu, mudah capek, muka pucat, pusing, mengantuk, mata berkunang-kunang ketika seketika bangun dari duduk yang agak lama. Jika demikian, kemungkinan besar Anda sedang mengalami Anemia atau gejala kurang darah yang sangat mengganggu aktifitas. Anemia merupakan suatu kondisi tubuh di mana sel darah merah mengalami penurunan kadar oksigen sehingga tidak cukup mampu memenuhi kebutuhan sel tubuh yang kemudian berakibat pada penurunan vitalitas tubuh. Nah, untuk menambah kemampuan sel darah merah mengikat oksigen atau mencegah anemia, ada beberapa makanan kaya vitamin B, B12 dan zat besi yang bisa Anda konsumsi.

Berikut ini daftarnya:
1. Vitamin B

Vitamin B seperti B12 dan asam folat diperlukan untuk menghasilkan sel darah merah. Karena asam folat dibutuhkan setiap hari, untuk memenuhi kebutuhannya, perbanyak makan sayuran hijau seperti bayam, kangkung, brokoli, serta kacang-kacangan dan biji-bijian. Jangan memasak sayur terlalu matang agar tidak kehilangan banyak nutrisi.

2. Vitamin B12
Kekurangan vitamin B12 biasanya terjadi pada vegetarian, karena nutrisi ini umumnya ditemukan pada produk makanan hewani. Makanan seperti hati, Tuban, telur, susu, keju, dan yoghurt dapat menambah asupan nutrisi vitamin B12 Anda.

3. Zat Besi
Untuk memenuhi zat besi yang berfungsi menguatkan sel darah merah, Anda bisa mengonsumsi asparagus, biji wijen, kacang almond, kismis hitam dan berbagai sayuran. Anda juga bisa menambahkan zat besi dengan mengonsumsi gula merah yang dicairkan pada panci, karena memasak menggunakan logam atau besi akan menambah kadar zat besi pada masakan.

Jadi, jangan lupa juga untuk mencukupi asupan vitamin C untuk membantu penyerapan zat besi. Dengan begitu, Anda akan jauh dari anemia.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)