Nikmati Kelezatan Tahu dan Rasakan Beragam Manfaatnya

13 Februari 2018 Artikel Kesehatan


Sebagian orang mungkin masih ada yang menganggap bahwa tahu merupakan makanan yang murahan. Sebagian merasa gengsi bila mau menyajikan tahu sebagai menu makanan hidangan bagi tamu. Namun tahukah anda bahwa tahu ternyata sangat baik bagi kesehatan. Kedelai yang merupakan bahan dasar tahu memang dikenal memiliki nutrisi yang tinggi, maka tidak heran bila tahu menjadi makanan yang menyehatkan.

Berikut manfaat kesehatan yang dapat diperoleh dari mengonsumsi tahu:
1. Menghindari resiko serangan kanker
Didalam tahu terdapat kandungan selenium, dimana selenium mampu melindungi tubuh dari radikal bebas, dapat juga meminimalkan resiko terkena kanker usus besar. Tidak hanya itu, isolvon di dalam tahu mampu mengurangi resiko kanker prostat dan kanker payudara.

2. Membantu mengendalikan berat badan
Bila anda sedang melakukan program diet, tahu dapat dijadikan salah satu alternatif makanan dalam menu anda. Kandungan nutrisi di dalamnya dapat menurunkan kolesterol dan juga melindungi pembuluh darah terhadap efek buruk dari kolesterol.

3. Baik bagi wanita menjelang menopause
Berkat nutrisi yang terkandung di dalamnya, tahu baik dikonsumsi oleh wanita yang akan mengalami menopause. Kandungan isoflavon di dalamnya mampu meredam efek buruk dari ketidakseimbangan hormon estrogen tubuh anda.

4. Untuk kesehatan kulit
Kandungan mineral, vitamin, dan protein yang ada di dalam tahu mampu menjaga elastisitas kulit sehingga kulit anda pun terhindar dari penuaan dini.

5. Menyehatkan darah
Zat besi dan tembaga adalah nutrisi di dalam tahu yang mampu membuat darah anda menjadi lebih sehat. Zat besi berperan penting untuk hemoglobin dalam melepas oksigen di dalam darah.

Masih ragu untuk menjadikan tahu sebagai makanan kebanggaan? Sepertinya anda harus berpikir ulang, pasalnya tidak hanya rasa lezat yang bisa dinikmati, tapi kesehatan juga bisa anda dapatkan.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)