Ngemil Popcorn Lebih Sehat?

18 November 2010 Artikel Kesehatan


Jenuh dengan cemilan sehat seperti batangan wortel? Ambil saja semangkuk popcorn hangat atau biskuit gandum untuk menemani acara nonton TV sore Anda.

Nikmatilah tanpa harus merasa bersalah. Baru-baru ini, penelitian membuktikan bahwa semua menu biji-bijian ternyata sama kayanya dengan buah dan sayur karena mengandung polyphenols, sejenis zat antioksidan. "Para peneliti juga tidak menduga bahwa polyphenols bersembunyi di balik semua serat setiap dalam makanan bergandum," ujar Joe Vinson, PhD, seorang profesor kimia dari Universitas Scranton.

Ia dan timnya menemukan bahwa makanan bergandum ternyata lebih bergizi daripada buah-buahan dan sayur-sayuran. Rata-rata per gram buah-buahan berisi 6 miligram polyphenols, sementara setiap gram makanan bergandum memiliki 8-15 miligram polyphenols. Luar biasa!

Sereal yang sepenuhnya dibuat dari gandum atau jagung memiliki antioksidan tinggi. Dosis polyphenols akan semakin kaya jika ditambah kacang, buah kering, kayu manis, dan kismis. Bahkan, setelah diuji, popcorn menduduki posisi pertama untuk cemilan sehat. Ingin lebih bergizi lagi? Coba taburkan segenggam sereal atau yoghurt non-fat di atasnya, atau pilih popcorn polos yang tidak bermentega atau berkaramel. Healthy and yummy!

Sumber: kompas.com