Ngantuk Seusai Makan Siang? Makanan Inilah Penyebabnya...

22 Mei 2013 Artikel Kesehatan


Terkadang kita sering melewatkan makan siang karena berbagai urusan yang membuat kita tidak memiliki waktu untuk makan dan lebih mementingkan pekerjaan kita. Selain itu, hal yang membuat kita enggan makan siang adalah anggapan kita bahwa makan siang membuat kita merasa lelah dan mengantuk saat bekerja.

Padahal, sebenarnya makan siang dapat memulihkan tenaga kita ketika kita beraktivitas dari pagi sampai siang. Namun yang salah adalah konsumsi makanan yang di makan saat siang hari. Sekilas anda mungkin tidak mempermasalahkannya namun tahukah anda bahwa beberapa makanan yang anda konsumsi bukan memulihkan tenaga malah memeras tenaga?

Beberapa jenis makanan mengandung zat-zat tertentu yang bisa membuat tubuh kurang berenergi dan membuat orang mudah mengantuk. Untuk itu, hindarilah makanan berikut saat anda makan siang.

1. Gorengan
Makanan yang digoreng memang memiliki rasa yang lebih lezat ketimbang rebusan, kukusan atau panggangan. Tapi gorengan adalah makanan yang tidak sehat karena umumnya mengandung lemak trans dan lemak jenuh yang tidak baik bagi kesehatan jantung. Selain itu, minyak yang terperangkap dalam gorengan akan 'memaksa' tubuh untuk bekerja lebih keras mencernanya. Energi terbuang sia-sia, dan Anda pun jadi mengantuk karena kurang tenaga.

2. Daging Merah & Olahannya
Daging merah olahan seperti yang biasa ditemukan dalam isian burger, sandwich, sosis dan asap memiliki kadar tryptophan yang tinggi. Hormon ini yang menyebabkan mata mengantuk. Untuk mencegah rasa kantuk sebaiknya pilih ikan atau ayam sebagai menu makan siang.

3. Makanan Bergula Tinggi
Camilan seperti cookies, permen atau cake umumnya mengandung gula sangat tinggi. Segala sesuatu dengan gula berlebih akan cepat menaikkan kadar gula dalam darah (membuat tubuh bersemangat dengan seketika) tapi juga menurunkannya dengan drastis. Akibatnya, tubuh melepaskan insulin yang memicu produksi tryptophan, hormon yang membuat ngantuk.

4. Minuman Berkafein
Kopi, teh, energy drink dan minuman berkafein lainnya seharusnya bisa meningkatkan energi. Tapi kenapa justru membuat ngantuk di siang hari? Sebab minuman berenergi hanya membuat tubuh merasa berenergi, tapi bukan sumber energi itu sendiri. Kafein cenderung bersifat adiktif. Saat minum Anda akan merasa semangat tapi begitu isi di gelas habis, Anda akan terus ingin minum dan minum lagi. Air putih atau jus tanpa gula adalah pilihan yang lebih sehat.

5. Polong-polongan
Kacang polong dan keluarganya (kacang merah, kacan hijau, buncis, kacang panjang) merupakan makanan sehat yang kaya protein, serat juga rendah kalori. Tapi jenis polong-polongan juga mengandung kadar niacin yang tinggi. Yaitu zat yang bisa membuat mata ngantuk. Sebaiknya tidak makan terlalu banyak untuk mencegah rasa kantuk yang bisa menurunkan produktivitas kerja.

6. Roti Putih
Sama seperti makanan bergula, roti putih tinggi glycemic index yang bisa melonjakkan gula darah, tapi cepat juga membuatnya turun drastis. Tubuh pun jadi lebih lemas dan mengantuk.

7. Saus, Keju & Krim
Tidak ada yang bisa menolak lezatnya pizza bertabur saus tomat, keju dan krim untuk menu makan siang. Namun kelezatan itu hanya bertahan sebentar di lidah. Makanan dengan banyak saus tomat, saus sambal, keju atau krim membuat tubuh harus bersusah payah mencernanya. Memangkas energi yang seharusnya dipakai untuk konsentrasi bekerja.

Agar tidak membuat aktivitas anda terbengkalai akibat badan yang lemas, sebaiknya anda memilih makanan yang memiliki nutrisi yang tinggi untuk memperbaiki energi yang habis digunakan untuk beraktivitas.

(Dikutip dari berbagai sumber)