Artikel Kesehatan
5 Desember 2012

Ngantuk di Pagi Hari? Coba Cara Ini

Agar kita memiliki energi, cobalah lakukan kebiasaan ini agar tidak mengantuk di pagi hari saat melakukan aktivitas sehari-hari.

1. Atur alarm 15 menit lebih awal dari waktu bangun pagi
Dengan cara seperti ini, kita tidak perlu tergesa-gesa untuk bangun karena takut terlambat. Kita dapat beranjak dari tempat tidur secara perlahan-lahan sehingga tidak menguras tenaga yang berakibat kelihatan lelah di pagi hari. Dengan perlahan, fisik dan mental akan siap menghadapi hari.

2. Biarkan sinar matahari masuk kedalam kamar
Biarkan tirai jendela kamar setengah terbuka ketika akan pergi tidur, dengan begitu cahaya matahari terbit akan mengenai kita dan mengirimkan sinyal ke otak untuk memperlambat produksi melatonin dan meningkatkan produksi adrenalin, suatu sinyal bahwa sudah waktunya untuk bangun.

Sehingga ketika alarm berbunyi, kita telah berada dalam keadaan setengah terjaga. Tidurlah lebih awal sehingga ketika sinar matahari pagi membuat kita terbangun, waktu tidur telah mencapai 7 jam seperti yang direkomendasikan. Jika bisa mempertahankan rutinitas ini, jam biologis mungkin akan dapat bekerja dengan lebih baik daripada jam alarm.

3. Lakukan pemanasan kecil saat bangun tidur
Ketika sedang tidur, tubuh jarang bergerak dan tetap pada posisi itu sehingga saat bangun tidur badan akan terasa kaku. Untuk itu cobalah lakukan peregangan pada badan, jari-jari, leher, tangan, hingga bagian kaki sehingga aliran darah pada tubuh lancar dan tubuh kita siap melakukan aktivitas.

4.Menyeduh kopi untuk sarapan
Kafein dalam kopi adalah stimulan sistem saraf pusat yang merangsang amfetamin dan meningkatkan aktivitas otot sehingga dapat membantu kita untuk segar di pagi hari. Sebuah studi bahkan menemukan bahwa kafein dapat meningkatkan kebahagiaan, ketenangan, dan lebih waspada.

(Dikutip dari berbagai sumber)

Artikel Kesehatan Lainnya...

Direktori Sekolah Info Beasiswa Solusi Pendidikan Promo Tahukah Kamu? Hiburan Tutorial Lowongan Iklan Baris