Nanotechnology untuk Melawan Penuaan

5 Mei 2010 Artikel Kesehatan


KOMPAS.com - Diperkirakan, pada tahun 2025, angka pertumbuhan penduduk usia lanjut di Indonesia akan meningkat hingga 400, angka harapan hidup penduduk Indonesia secara rata-rata adalah 73,7 tahun. Ketika menginjak usia tersebut, kita perlu menjaga kesehatan agar bisa tetap optimal beraktivitas serta tampil semenarik mungkin. Banyak teknologi dan studi yang mencoba membantu kita untuk tampil seoptimal mungkin dan menjaga kecantikan serta kesehatan untuk memperlambat penuaan. Yang terbaru ini adalah nanotechnology.

Dalam peluncuran Biolift Nanotech Advance Lifting Serum dari Mustika Ratu, di Pasaraya Grande, Jakarta, beberapa waktu lalu, Dr. Deby Susanti Vinski, pemilik Perfect Beauty Aesthetics Anti-aging Clinic, mengatakan, bahwa nanotechnology adalah sebuah terobosan baru dalam dunia kecantikan, khususnya anti-aging.

Nanotechnology memungkinkan seseorang untuk mendapatkan kecantikan yang optimal seusai perawatan. Nanotechnology adalah partikel yang dibuat sangat kecil, sehingga membuat peresapan ke dalam kulit makin optimal. Dengan nanotechnology, perawatan bisa dilakukan non invasif, tak perlu makan waktu lama, dan tak perlu ada perawatan pasca treatment. Untuk kecantikan wajah, nanotechnology membantu menstimulasi produksi kolagen dan elastin. Fungsinya meningkatkan kelembapan pada sel-sel kulit, mencegah penuaan pada kulit, memperbaiki kerusakan pada kulit, dan partikel bisa berupa padat atau cair.

Dalam presentasinya, Dr. Debby mengatakan, bahwa secara rata-rata, seseorang akan mulai mengalami penuaan sejak usia 25 tahun. Penuaan bisa berlaku kronologis dan biologis. Kronologis adalah pertambahan usia yang tak mungkin ditahan, sementara biologis adalah secara fisik, hal ini bisa diperlambat. Memperlambat penuaan pada kulit, menurut Dr. Deby harus diusahakan dari luar sebanyak 70 persen dan dari dalam sebanyak 30 persen.

Enam hal yang memengaruhi kecantikan kulit, menurutnya adalah; diet, nutrisi, hormon, lingkungan, psikologis, dan sikap. Keseimbangan kecantikan dari dalam dan luar tubuh amat penting. Perawatan ekstrinsik dan instrinsik harus dikombinasikan agar sehat, cantik, kulit indah, serta tubuh dan pikiran yang sehat optimal tetap terjaga.

Sumber: female.kompas.com