Musim Hujan Tetap Sehat, Konsumsi Makanan Ini

13 Maret 2018 Artikel Kesehatan


Musim hujan identik dengan udara dingin dan banyaknya genangan air dimana-mana. Dibutuhkan persiapan khusus ketika musim hujan karena biasanya banyak bermunculan berbagai macam penyakit, mulai dari flu yang ringan hingga demam berdarah, diare (mencret), dan muntaber (muntah dan berak).

Oleh karena itu, tidak berlebihan kiranya jika kita melakukan usaha-usaha untuk menjaga stamina saat musim hujan tiba. Mencukupi nutrisi tubuh dengan mencukupi makanan sehat dapat membantu menjaga metabolisme tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit saat musim hujan tiba.

Berikut jenis makanan yang dapat Anda konsumsi untuk menjaga kesehatan tubuh saat musim hujan:
1. Jeruk
Buah jeruk banyak mengandung vitamin C yang membantu tubuh dalam meningkatkan sel darah putih sehingga memperkuat pertahanan tubuh dalam melawan infeksi. Segelas jus jeruk atau lemon yang nikmat dan segar juga dapat menjaga kelembapan kulit Anda ketika musim dingin.

2. Bawang putih
Aroma bawang putih yang tajam membuatnya banyak dijauhi karena bisa menyebabkan bau mulut. Namun demikian, bawang putih ternyata dapat membantu menangkal infeksi karena mengandung antiviral dan allicin ajoene.

3. Wortel
Wortel mengandung antiinflamasi dan flavonoid yang tinggi, sehingga bisa menjaga tubuh dari serangan virus dan juga bakteri.

4. Tiram
Tiram mempunyai banyak kandungan seng, yang membantu sel-sel darah putih untuk melawan bakteri. Seng juga membantu memperkuat antibodi, sehingga menjadi penguat saat melawan infeksi.

5. Yoghurt
Yoghurt biasanya digunakan sebagai campuran minuman seperti jus maupun smoothie. Rasanya yang sedikit asam menyegarkan memberi manfaat tubuh sebagai pertahanan berbagai virus. Yoghurt mengandung antioksidan dan bakteri sehat yang akan menjaga kesehatan organ pencernaan Anda.

Tidak ingin aktivitas terganggu karena kekebalan tubuh menurun, kan? Makanya konsumsi beberapamakanan sehat tersebut agar dapat menjaga kesehatan Anda di saat musim hujan tiba.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)