Mulailah Hidup Sehat dengan Jalan Kaki!

14 Juni 2013 Artikel Kesehatan


Demi menjaga kesehatan untuk tetap fit di sepanjang hari, kebanyakan orang sering berlomba-lomba datang ke tempat kebugaran dan tempat lain untuk membuat anggota tubuh tetap berfungsi sebagai mestinya. Untuk berolahraga di kebugaran saja, anda harus meronggoh kantong anda.

Banyak yang beranggapan jika mau sehat, olahraga haruslah mahal. Padahal tidak sedikit olahraga yang mungkin sering dilakukan namun belum banyak orang menyadarinya dan murah bahkan tidak memerlukan uang. Seperti berjalan kaki. Setiap orang pastilah sering berjalan kaki untuk beraktivitas. Namun beberapa orang belum tahu jika berjalan kaki juga merupakan olahraga.

Berjalan kaki juga baik bagi kesehatan. Manfaatnya sebagai solusi untuk menurunkan berat badan dan mengurangi kalori. Namun ternyata, manfaat berjalan kaki tidak sebatas membuat tubuh lebih langsing saja. Menurut penelitian, berjalan kaki selama 30 sampai 45 menit tiap harinya memiliki manfaat baik bagi kesehatan tubuh.

Ingin tahu manfaat dengan olahraga berjalan kaki ini? Yuk, simak beberapa keuntungan dari berjalan kaki berikut ini:

1. Jalan kaki dengan waktu singkat dapat meningkatkan kebugaran
Ingin bugar tidaklah selalu pergi ke tempat kebugaran. Dengan berjalan kaki selama 30 menit perhari saja dapat meningkatkan kebugaran tubuh secara menyeluruh. Selain itu, berjalan kaki juga membantu penggurangan lemak di tubuh karena lemak dalam tubuh akan berubah menjadi energi ketika kita gunakan untuk berjalan.

2. Olahraga berjalan kaki mudah dilakukan
Untuk memulai berjalan kaki, Anda hanya membutuhkan sepasang sepatu lari saja. Anda bisa berjalan di taman, teras, atau di atas treadmill dan kapan saja, pagi, siang, sore atau bahkan larut malam setelah makan malam. Mulailah berjalan selama 10 hingga 15 menit, kemudian tingkatkan waktu Anda secara bertahap.

3. Baik untuk tulang
Orang yang sering berolahraga jalan kaki juga memiliki kepadatan tulang lebih baik daripada mereka yang sedikit berjalan kaki, dan jalan kaki sangat efektif untuk menurunkan kehilangan massa tulang di bagian kaki.

4. Terjadi peningkatkan pada kemampuan otak
Berjalan kaki juga meningkatkan kemampuan otak. Dengan berjalan kaki 45 menit tiap harinya dapat membuat otak lebih tajam dan meningkatkan kewaspadaan terhadap sesuatu yang datang.

5. Membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke
Berjalan selama 30 hingga 45 menit setiap hari bisa meningkatkan sirkulasi darah sehingga membantu mengatur denyut jantung. Hal ini juga baik dalam meningkatkan kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kolesterol jahat (LDL). Selain itu, berjalan kaki juga bisa mengurangi penyakit gula atau diabetes sampai 58 persen.

6. Berumur panjang
Jika berjalan kaki minimal 3 km setiap hari dapat mengurangi risiko kematian hingga 50 persen. Risiko kematian akibat kanker juga ditemukan lebih rendah. Hal ini dikarenakan dengan berjalan kaki dapat memaksimalkan fungsi tubuh dan terlindungi penyakit degeneratif pada para Lansia.

7. Memperbaiki sistem pernafasan tubuh
Kabar baik bagi anda yang sedang mengalami gangguan sistem pernafasan. Kebanyakan orang pasti akan berolahraga dengan waktu yang singkat karena mengalami gangguan pernafasan. Dengan berjalan kaki ternyata juga dapat menyembuhkan gangguan pernafasan dan meningkatkan kerja sistem pernafasan secara signifikan minimal 3 kali berjalan kaki selama 30 menit dalam seminggu.

Tak terbayangkan bukan dengan berjalan kaki saja sudah memberikan manfaat setara dengan obat? Jika ingin sehat kenapa harus mahal?

Biasakanlah berjalan kaki untuk hidup yang lebih fit dan sehat.

(Dikutip dari berbagai sumber)