Minyak Ikan Tidak Selalu Mencerdaskan Anak

3 Oktober 2011 Artikel Kesehatan


Bertentangan dengan banyaknya bukti bahwa mengonsumsi minyak ikan selama hamil dapat membantu perkembangan otak anak.

Ternyata, studi baru malah menyebutkan suplemen tersebut tidak memiliki efek apapun terhadap intelektualitas anak kala berusia enam tahun.

Pernyataan itu mendukung hasil studi sebelumnya di Norwegia yang juga tidak menemukan perbedaan IQ pada anak berusia 7 tahun. Para ibu tersebut, ada yang minum dan yang tidak meminum minyak ikan saat hamil dan menyusui.

Dalam percobaan itu, peneliti meminta ibu hamil selama paruh trimester kedua kehamilan mereka untuk meminum minyak ikan, minyak ikan plus suplemen folat, folat saja, atau pil yang tidak mengandung suplemen.

Tujuh tahun kemudian, tim yang dipimpin oleh Dr Cristina Campoy di Universitas Granada di Spanyol, memberikan tes kecerdasan untuk 154 anak dari kelompok itu. Anak-anak menerima tes yang sama, terlepas dari jenis pil yang diminum ibu mereka selama kehamilan.

Hasilnya, seperti yang dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition, para peneliti menemukan bahwa anak-anak perempuan yang memiliki DHA tingkat tinggi dalam sel darah merah ketika dilahirkan, menghasilkan skor di atas rata-rata pada usia 6 tahun. Padahal, ibu mereka tidak semuanya diberikan suplemen minyak ikan.

Sebaliknya, hasil ini mencerminkan asupan DHA dari berbagai sumber selama jangka waktu yang lama lebih bermanfaat daripada menerima suplementasi selama kehamilan.

Sumber: mediaindonesia.com