Minuman Manis Bisa Percepat Menstruasi Pertama Anak Perempuan?

3 Desember 2019 Artikel Kesehatan


Setiap perempuan memiliki jadwal datang bulan berbeda - beda. Ada yang lebih awal, akhir bulan, dan kondisi lainnya. Perbedaan ini disebabkan oleh beberapa faktor. Selain faktor hormon, ternyata faktor luar seperti minuman manis juga mempengaruhi mentruasi. Tidak hanya menyebabkan kegemukan, minuman mengandung gula bisa membuat anak perempuan lebih cepat mendapat menstruasi pertama.

Hal tersebut disimpulkan dari sebuah penelitian dari Harvard Medical School di Amerika. Penelitian melibatkan 5.500 gadis berusia 9 - 14 tahun yang belum mengalami menstruasi pertama.

Dalam penelitian tersebut, para peneliti menanyakan pola makan para peserta, termasuk seberapa sering mereka mengkonsumsi minuman mengandung gula. Hal ini dipantau selama 5 tahun.

Dari hasil pemantauan, gadis yang minum lebih dari 1,5 porsi minuman manis setiap harinya memiliki periode menstruasi 3 bulan lebih awal dari mereka yang hanya mengonsumsi dua atau kurang minuman manis per minggu.

"Penelitian kami menunjukkan bahwa usia menstruasi pertama terjadi lebih awal di kalangan perempuan dengan konsumsi tertinggi minuman manis dengan gula tambahan," kata Karin Michels, pemimpin penelitian tersebut.

Dia mengatakan, minuman dengan tambahan gula memiliki indeks glikemik lebih tinggi dari minuman manis alami seperti jus buah. Hal ini menyebabkan peningkatan pesat dalam konsentrasi insulin dalam tubuh.

Para peneliti mengatakan bahwa percepatan satu tahun pada usia seorang gadis mulai menstruasi terkait dengan peningkatan 5 persen untuk terkena risiko kanker payudara.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)