Minum Kopi Sebelum Olahraga? Ini Manfaatnya

1 September 2014 Artikel Kesehatan


Memulai aktivitas bagi sebagian orang tanpa menyeruput kopi terdahulu rasanya ada yang kurang. Mereka percaya, kopi bisa membuat hari mereka lebih bersemangat dan mengurangi rasa lelah.

Begitu pula dengan olaraga. Beberapa orang dari kita merasa akan lebih berenergi jika minum kopi terlebih dahulu sebelum memulai olahraga. Lantas benarkah itu?

Penelitian mengungkapkan manfaat minum kopi sebelum berolahraga, berikut ulasannya:

Membakar lemak
Studi menemukan, atlet yang mengonsumsi kafein sebelum olahraga membakar 15 persen kalori lebih banyak hingga tiga jam setelah olahraga.

Tak mudah lelah
Hasil yang ditemukan peneliti dari Coventry University di Inggris menyatakan bahwa orang yang sebelum berolahraga mengonsumsi kopi akan lebih berenergi dan tak mudah merasa lelah.

Memperbaiki sirkulasi
Penelitian asal Jepang mempelajari efek kopi pada sistem sirkulasi pada orang yang tidak terbiasa minum kopi. Setiap peserta diminta minum 148 ml kopi baik yang biasa maupun yang ditambah kafein. Kemudian peneliti menghitung aliran darah pada tubuh masing-masing peserta. Ternyata peserta yang minum kopi yang diperkaya kafein memiliki aliran darah lebih cepat 30 persen selama 75 menit dibandingkan peserta lainnya.

Meningkatkan kewaspadaan
Kafein merupakan stimulan sistem saraf pusat (SSP), memiliki efek sementara untuk menangkal kantuk dan meningkatkan kewaspadaan.

Menjaga otot awet muda
Peneliti asal Coventry University menemukan kekuatan otot menurun karena penuaan. Namun ternyata dalam moderasi, konsumsi kafein dapat membantu mengurangi cedera otot karena penuaan saat berolahraga.

Lebih sedikit nyeri
Peneliti dari University of Illinois menemukan, mengonsumsi kafein yang sama dengan dua hingga tiga kali cangkir kopi satu jam sebelum berolahraga akan mengurangi nyeri otot pascaolahraga intensitas tinggi. Kafein bekerja untuk mendorong otot lebih kuat selama berolahraga sehingga kekuatan dan ketahanan otot pun menjadi lebih baik.

Semoga bermanfaat!

Oleh: Ariyanti S
(Dikutip dari berbagai sumber)