Menyanyi Ampuh Kurangi Mendengkur

5 Maret 2010 Artikel Kesehatan


Mendengkur tidak hanya mengganggu tidur pasangan Anda tetapi juga bisa merujuk ke masalah kesehatan yang lebih serius, seperti henti nafas (sleep apnea) bagi Anda. Karena itu, ada baiknya segera diatasi.

Banyak cara untuk mengatasinya termasuk dikurangi dengan melakukan perubahan gaya hidup, seperti menurunkan berat badan, tidur pada jam yang sama tiap malam, tidur menghadap ke samping, menghindari alkohol, berhenti merokok serta menaikkan posisi kepala di atas bantal.

Selain cara-cara di atas para peneliti dari University of Exeter di Inggris menemukan bahwa dengkuran bisa dikurangi dengan bernyanyi. Dalam studi ini, peneliti melibatkan 20 pendengkur kronis berusia 36 hingga 62.

Para partisipan diminta berlatih teknik bernyanyi dan melakukannya selama 20 menit setiap hari selama tiga bulan. Peneliti menemukan, frekuensi mendengkur partisipan jauh berkurang begitu mereka mulai bernyanyi.

Apa pengaruhnya? Bernyanyi, menurut peneliti, Edzard Ernst, MD, membantu mengencangkan otot-otot yang mengendur di saluran pernafasan atas.

Anda tertarik mencoba? Berikut langkah yang perlu Anda lakukan sesuai anjuran Ernst:

Berkonsultasi dengan dokter. Mendengkur bisa saja berkaitan dengan sleep apnea, suatu gangguan di mana Anda berhenti bernafas untuk sementara waktu dan terjadi berulang-ulang sepanjang malam.

Mulailah bersenandung. Meskipun partisipan dalam studi melakukan latihan bernyanyi, mendendangkan lagu favorit Anda selama 20 menit sehari juga bisa membantu."Tidak ada salahnya mencoba," tutur Ernst, seperti dikutip situs prevention.com."Carilah guru
menyanyi untuk mengencangkan langit-langit lunak Anda secara profesional."

Studi-studi sebelumnya telah menemukan bahwa bernyanyi bagus untuk meredakan stres dan membantu pasien stroke untuk bicara kembali. (IK/OL-08)

sumber: kompas.com