Menjaga Kesehatan Paru-Paru Agar Selalu Sehat! Ini Tipsnya

29 September 2014 Artikel Kesehatan


Memiliki tubuh sehat adalah anugerah yang wajib di syukuri karena tanpa diberikan tubuh yang sehat kita tidak dapat melakukan berbagai macam aktivitas yang kita inginkan oleh sebab itu menjaga kesehatan tubuh kita merupakan hal yang wajib sebagai bentuk syukur kita kepada Tuhan salah satu bagian tubuh yang perlu kita perhatikan adalah paru-paru. Selain jantung, paru-paru adalah salah satu organ yang sangat vital di dalam tubuh manusia. Paru-paru mempunyai fungsi utama sebagai tempat pergantian udara dalam tubuh. Oleh karena itu menjaga kesehatan paru-paru sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Berikut beberapa tips menjaga kesehatan paru-paru:
1. Ciptakan Lingkungan Tinggal yang Sehat
Sering menghirup udara yang kotor atau mengandung polutan dapat meningkatkan resiko penyakit paru-paru. Jagalah kebersihan lingkungan dan kualitas udara di sekitar tempat tinggal. Usahakan untuk menjaga udara yang dihirup tetap segar, memiliki pertukaran yang baik, dan tidak terlalu lembab atau terlalu kering.

2. Hindari Paparan Polusi
Hindari paparan polusi pada lingkungan yang berudara tidak sehat karena banyak mengandung debu, asap, abu, dsb. Gunakan masker saat mengendarai motor. Gunakan alat keselamatan kerja termasuk masker pada lingkungan kerja yang udaranya mengandung polusi.

3. Lakukan Olahraga Secara Rutin
Olahraga secara rutin dapat memberikan manfaat bagi kesehatan paru-paru. Saat melakukan olahraga paru-paru kita bekerja lebih keras dalam menghirup oksigen sehingga jika dilakukan secara rutin bermanfaat meningkatkan kapasitas paru-paru dan meningkatkan kinerja paru-paru.

4. Penuhi Kebutuhan Nutrisi Tubuh
Gangguan kesehatan pada tubuh kita termasuk gangguan kesehatan paru-paru dapat disebabkan karena kurangnya asupan nutrisi tertentu. Protein, vitamin, dan mineral sangat bermanfaat menjaga kesehatan sel, jaringan, dan organ tubuh termasuk mendetoksifikasi tubuh dan mencegah timbulnya kanker paru-paru.

5. Jangan Merokok
Asap rokok mengandung banyak zat yang berbahaya bagi kesehatan. Merokok tidak baik bagi kesehatan karena asap rokok yang terhirup dapat menggangu fungsi sel, jaringan, dan organ tubuh. Asap rokok yang terhirup dapat sampai ke paru-paru. Dalam jangka panjang pengaruh asap rokok dapat merusak fungsi paru-paru.

Sebagai salah satu organ vital dalam tubuh, maka merupakan sebuah kewajiban bagi Anda untuk menjaga kesehatan paru-paru. Cobalah untuk menerapkan tips di atas agar paru-paru Anda terhindar dari masalah.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)