Mengucek Mata Berlebihan Bisa Sebabkan Kebutaan

8 Maret 2018 Artikel Kesehatan


Mata adalah karunia Tuhan yang patut kita syukuri. Dan salah satu cara untuk mensyukuri nikmat tersebut adalah dengan memanfaatkannya dalam kebaikan serta mengetahui cara memelihara kesehatan mata, agar pemberian tersebut bisa selamanya terjaga.

Mengucek atau menggosok-gosok mata saat terasa gatal atau ada sesuatu yang mengganjal, malah akan membuat mata terasa perih dan merah. Mata yang merah dan perih disebabkan oleh iritasi akibat gesekan saat mengucek mata. Tidak hanya itu, mengucek mata juga bisa melemahkan otot yang ada di mata.Mengucek mata memang menjadi reaksi pertama ketika mata terasa perih, gatal atau kemasukan debu (kelilipan). Padalah perilaku tersebut dapat menambah masalah serius pada mata, bahkan kebutaan.

Mata yang merah dan makin terasa perih hanya efek samping kecil dari kebiasaan mengucek mata. Karena mengucek mata secara tidak langsung memberikan tekanan lebih banyak pada bola mata yang kemasukan benda asing.

Sebuah penelitian yang dilakukan Professor Charles McMonnies dari UNSW School of Optometry and Vision Science, menunjukan bahwa kebiasaan menggosok mata dapat menyebabkan kerusakan mata sehingga bisa berdampak serius terhadap penglihatan atau kebutaan. Menggosok mata, melakukan yoga dengan posisi kepala di bawah, tidur dengan wajah menempel pada bantal dan berenang adalah aktivitas yang dapat meningkatkan penekanan pada mata

Ketika benda menyentuh kelopak mata, maka mata akan mengalami peningkatan tekanan. Cahaya yang silau dapat memberikan tekanan. Sedangkan menggosok mata memberi tekanan hingga 10 kali lebih besar dibanding dengan kondisi normal. Bahkan jika sering dilakukan, kebiasaan mengucek mata dalam jangka panjang dapat menyebabkan kerusakan mata serius, misalnya glaukoma, lebih cepat mengalami rabun jauh hingga menyebabkan kebutaan.

Cara terbaik untuk menjaga kesehatan mata adalah tidak mengucek mata, lebih baik beri obat tetes mata atau banyak berkedip jika terasa gatal, memerah atau kemasukan debu. Selain itu, tidur dengan posisi telentang adalah pilihan yang baik.

Hindari mengucek mata sebisa mungkin! Jika terasa gatal, gunakan tisu dan usapkan secara lembut guna menghindari kontak yang berlebihan. Langkah paling bijaksana jika mata terasa perih, periksakan ke dokter mata.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)