Menghangatkan Makanan Berulang Kali, Hati-Hati!

12 Februari 2015 Artikel Kesehatan


Biasakan untuk memasak atau membeli makanan dalam porsi yang sekali habis. Jika Anda terbiasa memasak atau membeli makanan dalam porsi banyak kemudian menghangatkan dan mengonsumsinya kembali, hati-hati.

Di tengah kesibukan sehari-hari yang padat, beberapa dari Anda yang tidak memiliki waktu banyak untuk memasak, pasti akan memilih untuk menghangatkan makanan yang ada. Karena sudah dingin jadi harus dihangatkan. Ada juga yang membeli makanan beku dan dipanaskan di microwave agar lebih mempermudah dan tidak memakan waktu banyak.

Tapi tahukah Anda? Menghangatkan makanan adalah kebiasaan yang kurang baik. Dokter Aria Wibowo dari Meetdoctor.com menjelaskan, melahap makanan yang dihangatkan terus menerus, apalagi kalau lebih dari dua hari, adalah kebiasaan yang bisa mengancam kesehatan. Karena kandungan gizi yang terkandung dalam makanan tersebut akan hilang, jika makanan terus dipanaskan. Selain itu, rasa dan penampilan dari makanan sudah tidak akan seenak dan seindah saat pertama kali disajikan.

Dalam penjelasan lebih lanjut, Aria mengatakan, makanan yang dibeli beku dan dipanaskan juga bersifat sama. Nutrisi dan gizi di dalam makanan sudah tidak lagi sebaik jika disajikan segar. Nutrisi dan gizi yang sudah tidak optimal juga membuat rasa kenyang saat makan hanya bersifat sementara. Anda akan merasa lapar lagi, bahkan lebih lapar dari sebelumnya.

Disarankan agar kita mendapatkan gizi dan nutrisi cukup, dan sebaiknya selalu makan makanan segar, yang tidak mengandung bahan pengawet. Dengan begitu, Anda akan lebih sehat dan terhindar dari segala penyakit yang disebabkan makanan yang terus dipanaskan.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)