Mengetahui Penyebab Hidung Tersumbat

2 April 2019 Artikel Kesehatan


Hidung yang tersumbat merupakan salah satu penyakit yang sering terjadi. Meski tergolong ringan, penyakit ini cukup mengganggu. Sebenarnya apa sih penyebab hidung tersumbat?

Dokter spesialis THT dari Rumah Sakit Gandaria, dr Rusdian Utama Roeslani, SpTHT-KL mengatakan gangguan hidung tersumbat dapat terjadi karena selaput lendir hidung yang membengkak, yang antara lain disebabkan karena rinitis alergi atau flu/selesma (common cold). Flu dapat ditularkan melalui percikan, batuk, bersin, kontak dengan mereka yang sedang mengalami gejala flu atau dengan benda-benda lain yang tercemar virus influenza.

Infeksi virus pada salesma menyerang saluran napas atas (hidung dan tenggorokan) dan pada umumnya tidak berbahaya dan sembuh dengan sendirinya. Namun, gejalanya dapat membuat penderita merasa sangat tidak nyaman.

Pada umumnya gejala flu terjadi pada hari kedua atau ketiga setelah infeksi vitus, berupa hidung tersumbat, bersin, hidung meler, nyeri pipi atau dahi, nyeri tenggorok, batuk, sakit kepala, rasa lelah dan kurang bertenaga.

Pemicu alergi atau alergen saat menyerang, tubuh mulai memproduksi antibodi jenis tertentu, yang disebut IgE untuk mengikat alergen. Beberapa jenis alergen penyebab rinitis alergi adalah alergen inhalan (terhisap melalui udara) dan alergen ingestan (makanan). Contoh alergen inhalan adalah tungau, serbuk bunga, bulu binatang, kecoa, sedangkan alergen ingestan adalah cokelat, kacang, susu, dan sebagainya.

dr. Rusdian mengatakan, seseorang yang mengalami rinitis alergi biasanya memiliki gejala-gejala seperti, sensitif pada zat (tungau, debu) sehingga menimbulkan gatal-gatal di hidung, mata, langit-langit mulut dan telinga. Kemudian, ia akan mengalami bersin-bersin 4-5 kali setiap paginya. Selain itu, penderita juga akan mengalami pilek dan bisa disertai sesak nafas

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)