Mengetahui Manfaat dan Bahayanya Konsumsi Lemak

31 Oktober 2019 Artikel Kesehatan


Lemak biasanya identik dengan kegemukan, banyak dari kaum wanita sangat anti bahkan sangat hati-hati dalam memilih makan-makanan yang mengandung lemak, karena jika tidak hati-hati akan berakibat pada bertambahnya berat badan. Menkonsumsi makan-makanan yang mengandung lemak, dapat menimbun dan menempel pada tubuh kita sehingga terjadi penumpukan yang berakibat pada badan menjadi gemuk. Diet perlu dilakukan apalagi jika Anda ingin menerapkan hidup sehat sekaligus mendapatkan tubuh langsing dan seksi. Beberapa makanan yang perlu dihindari untuk bisa menjalankan hidup sehat adalah lemak. Tapi lemak juga ada yang sehat yang bisa dikonsumsi dan penting untuk tubuh.

Lemak memiliki 2 jenis yang bisa dibedakan, seperti berikut ini:
1. Lemak baik

Yang termasuk lemak baik adalah lemak tidak jenuh, lemak tidak jenuh tunggal, dan lemak tidak jenuh ganda. Lemak baik banyak berada pada makanan seperti pada kacang almond, kacang mete, minyak kanola, minyak zaitun, selai kacang, minyak kacang, minyak bunga matahari, alpukat, kacang kedelai, ikan tuna, unggas, biji labu dan minyak jagung.

2. Lemak buruk
Sedangkan lemak buruk bisa dikategorikan menjadi tiga, yaitu lemak jenuh, lemak cis dan lemak trans. Kebanyakan lemak trans bisa ditemukan dalam makanan seperti permen, margarine, minyak sayur, semua makanan yang digoreng, kue yang dibuat dari tepung terigu, makanan kemasan, serta makanan sedikit nutrisi seperti keripik, popcorn, dan kerupuk. Lemak jenuh kebanyakan ada pada makanan seperti es krim, minyak sawit, keju, mentega, ayam dengan kulit, daging merah seperti sapi, kambing dan babi serta semua produk susu berlemak.

Mengonsumsi lemak baik berguna untuk mengontrol kolesterol dalam darah, mengurangi peradangan, menyeimbangkan denyut jantung, menyediakan energi tubuh, sebagai bahan pembangun sel dan menjaga fungsi optimal jantung, otak dan sistem syaraf tubuh. Jadi, sebaik mungkin hindari makanan berlemak dan konsumsi lemak sehat, agar tubuh tetap sehat.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)