Mengetahui Manfaat Asam Folat untuk Kesehatan Jantung

23 Oktober 2018 Artikel Kesehatan


Semua orang pasti tahu bahwa jika isi piring ikut menentukan kondisi tubuh. Apa yang menjadi sumber energi atau justru menjadi sumber penyakit. Itu sebabnya, diperlukan informasi tentang nutrisi dalam makanan yang diperlukan oleh tubuh. Salah satu nutrisi yang dibutuhkan tubuh adalah asam folat. Ternyata asam folat ini sangat baik untuk kesehatan jantung.

Penyakit jantung koroner dapat timbul karena riwayat diabetes, hipertensi, dan obesitas, serta para perokok. Juga biasanya disebabkan oleh faktor usia. Namun, saat ini penyakit jantung koroner tidak lagi didominasi oleh pria dewasa dan wanita yang sudah memasuki masa menopause. Penderitanya mulai merambah pada remaja, bahkan pada anak-anak juga.

Penderita jantung koroner di bawah usia 25 tahun sudah mulai meningkat. Penyakit itu mereka dapatkan dari keturunan ibu atau ayah, atau yang disebut sebagai faktor genetik. Banyak penderita muda yang kolesterolnya normal, tidak gemuk, namun mengidap penyakit jantung koroner melalui proses risiko secara genetik.

Pencegahan dapat dilakukan sejak awal, yaitu sejak di dalam kandungan. Kromosom bayi bisa dicek dan dipastikan tidak kelebihan hormon sistein sehingga tidak semakin berisiko mengidap penyakit jantung koroner. Pencegahannya, yang utama adalah mengkonsumsi banyak makanan yang mengandung asam folat. Asam folat adalah vitamin B yang dapat larut di dalam air dan kaya akan nutrisi. Asam folat mengandung banyak manfaat, yang terpenting adalah untuk pertumbuhan dan pembelahan sel dan jaringan pada janin di dalam kandungan. Asam folat banyak terkandung di dalam sayur-sayuran hijau dan kacang-kacangan.

Sedangkan kekurangan asam folat akan menyebabkan pertumbuhan sel di janin menjadi tidak sempurna, karena asam folat berperan di dalam pembuatan dan perbaikan DNA yang merupakan materi untuk pembentukan sel dan menentukan fungsi sel. Sumber makanan yang kaya akan asam folat, antara lain bayam, kangkung, sawi, daun katuk, kacang panjang, jeruk, brokoli, kacang-kacangan, kembang kol, asparagus, hati, kubis dan daging.

Nah, untuk mencegah risiko jantung koroner pada orang dewasa, bisa dengan banyak mengkonsumsi pepaya, buah beri, dan blewah yang mengandung beta karoten, antioksidan, vitamin, dan tentunya asam folat yang sangat dibutuhkan tubuh. Semoga kita dapat memanfaatkan bahan makanan di sekitar kita yang kaya akan asam folat.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)