Mengetahui Bahaya Mandi Saat Masih Berkeringat

21 Maret 2019 Artikel Kesehatan


Beraktivitas di luar ruangan, baik itu bekerja, berolaharaga atau bertamasya, pasti akan membuat tubuh berkeringat. Setelah lelah beraktivitas di luar ruangan, Anda pasti membutuhkan hal yang dapat membuat tubuh relaks kembali. Salah satu cara yang ampuh untuk merelaksasikan tubuh adalah dengan mandi. Ketika suhu tubuh meningkat, mandi memang menjadi pilihan yang tepat untuk dapat menurunkan suhu tubuh dan membuat Anda segar kembali. Tapi, sebaiknya jangan langsung mandi ketika tubuh berkeringat, mengapa demikian?

Berikut akibat dari mandi saat masih berkeringat:
1. Merusak sistem kekebalan tubuh

Berdasarkan penelitian ilmiah bahwa jika tubuh mengeluarkan keringat itu adalah hal yang baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh terhadap berbagai macam penyakit. Tentu saat tubuh berkeringat lubang pori-pori akan membesar, nah pada saat itu jika tubuh kita tersiram air dan air itu akan kembali masuk melalui lobang pori-pori yang membesar tadi. Karena itu tidak jarang jika kita mandi saat masih berkeringat tubuh akan menggigil sesudahnya.

2. Resiko sinusitis
Banyak orang terinfeksi sinusitis di sebabkan oleh mandi saat masih berkeringat. Karena masuknya air di dalam pori-pori kulit membuat rusaknya sistem kekebalan tubuh sehingga virus akan mudah masuk ke dalam rongga sinus.

3. Resiko kesehatan pembuluh darah
Masuknya air dari porii-pori kulit akan menghambat perdaran darah dan dapat merusak sistem kerja pembuluh darah itu sendiri. Oleh karenanya suhu tubuh menjadi tidak stabil dan seketika bisa jatuh demam panas yang tinggi.

4. Menyebabkan masalah otot
Banyak orang mengira bahwa mandi sesudah berolah raga akan membuat tubuh makin sehat. Memang betul tapi jangan sampai sewaktu keringat masih bercucuran Anda langsung mandi, hal ini sangat berbahaya bagi otot dan tulang Anda.

Mandi saat berkeringat memang sering dianggap menyegarkan. Namun cara ini salah jika dilakukan benar-benar saat tubuh berkeringat. Jadi waktu terbaik untuk mandi setelah berkeringat adalah menunggu hingga keringat menjadi dingin dan Anda merasa suhu tubuh nyaman saat terkena air hangat atau air dingin untuk mandi.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)